News

24 Persen Calon Jemaah Haji Indonesia Terancam Gagal ke Tanah Suci

24 Persen Calon Jemaah Haji Indonesia Terancam Gagal ke Tanah Suci
Proses vaksin terhadap Calon Jemaah Haji Indonesia (CJHI) asal Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Foto: Kureta/Eka Musriang)

Jakarta - Tercatat baru sekitar 76 persen calon jemaah haji Indonesia yang sudah menerima vaksin covid dengan dosis lengkap. 

Diungkap Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan dr Budi Sylvana pada saat Pembukaan Bimbingan Teknis Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa, 17 Mei 2022 kemarin.

“Per hari ini baru 76 persen yang sudah dosis lengkap. Artinya baru 76 persen jemaah yang bisa berangkat ke Tanah Suci,” kata Budi.

Diketahui vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap menjadi salah satu syarat utama dari Arab Saudi untuk memberangkatkan jemaah haji. 

Jika calon jemaah haji tidak divaksinasi dosis lengkap, terancam untuk tidak diberangkatkan

Budi meminta bagi semua pihak khususnya petugas kesehatan punya tugas yang sama, yaitu untuk dapat meyakinkan agar jemaah haji segera mau melakukan vaksinasi lengkap.

Baca juga:

Kemenkes: Angka Kematian Jemaah Haji Indonesia Masih Tinggi

“Menjadi tugas kita sama-sama untuk menyakinkan jemaah untuk sesegera mungkin melengkapi vaksinasi dosis lengkap sesuai yang dipersyaratkan,” kata dia dilansir Rabu, 18 Mei 2022.

Ada tiga syarat perjalanan haji yang sudah ditentukan Pemerintah Arab Saudi harus terpenuhi, yaitu syarat vaksinasi Covid-19 minimal vaksin lengkap, PCR 72 jam sebelum keberangkatan, dan maksimal umur di bawah 65 tahun. []



Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...