News

5 Tips dan Panduan Sebelum Membeli Headphone Gaming

5 Tips dan Panduan Sebelum Membeli Headphone Gaming
Ilustrasi headphone. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Peralatan audio pendamping seperti headphone menjadi salah satu aksesoris yang dibutuhkan bagi para gamers untuk menunjang kemenangan saat bertanding dalam sebuah kompetisi gim.

Lantaran itu, ketelitian memilih perlengkapan headphone menjadi penting bagi para pecandu gim daring. Terlebih, banyaknya produk headphone yang saat ini ada di pasaran, menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka yang masih pemula.

Mengenali dan memilih headphone berkualitas serta pas untuk kebutuhan bermain game, menjadi pertimbangan besar bagi para gamers sebelum membeli produk yang diinginkan.

Berikut Kureta rangkumkan lima buah tips dan panduan memilih produk headphone gaming berkualitas:

HeadphoneIlustrasi headphone. (Foto: Pixabay)

1. Kabel atau Wireless?

Produk headphone gaming tersedia dalam 2 tipe, yakni dengan kabel dan non-kabel (wireless). Jika Anda lebih suka yang simpel dan tidak ingin direpotkan dengan kabel maka tipe dapat dipilih.

Walaupun terlihat lebih rapi, ada anggapan bahwa tipe non-kabel memiliki kekurangan dalam hal mudah menerima gangguan dari koneksi sinyal wireless lain.

Dengan seiring waktu, anggapan tersebut jelas salah karena saat ini rata-rata headphone gaming wireless sudah didesain sedemikian rupa untuk memiliki tingkat konektifitas yang bagus dengan receiver, sehingga gangguan dari sinyal lain dapat diredam.

Jika ingin memilih tipe wireless, maka harus mempertimbangkan beberapa hal seperti jarak maksimal headphone dengan receiver, serta tingkat kekuatan baterainya.

Perlu diingat bahwa headphone wireless baterainya harus di-charge sekitar 1 jam hingga baterainya penuh untuk penggunaan selama 7-8 jam. Sedangkan untuk tipe kabel, kamu bisa mempertimbangkan panjang kabelnya.

2. Stereo dan Surround

Pernahkah mendengar audio yang dihasilkan dari speaker 2.1 (stereo) dan 5.1/7.1 (surround)? Kalau sudah, pasti akan merasakan jumlah sumber suara yang dihasilkan berbeda.

Jika stereo sumber suaranya hanya dari kiri dan kanan, maka surround akan menghasilkan sumber suara dari 5 arah (5.1) atau 7 arah (7.1).

Jika headphone gaming yang Anda gunakan sudah mendukung fitur surround sound, maka itu adalah nilai plus tersendiri. Pasalnya, Gim saat ini rata-rata dilengkapi dengan fitur tersebut.

Jika sudah begitu, mendengarkan langkah kaki musuh yang mengendap-endap dari belakang pun bisa terdengar jelas serta bisa mengetahui arah tembakan musuh secara tepat.

Dalam menyesuaikan fitur surround sound, beberapa headphone gaming ada yang menghasilkannya secara nyata (real) dan ada juga yang virtual.

Untuk yang real surround sound, headphone dibekali dengan speaker berjumlah sesuai dengan spesifikasi.

Sedangkan untuk virtual, headphone akan mensimulasikan audio seakan terdengar surround, walau hanya dihasilkan dari 2 speaker saja. Secara kualitas tentu lebih baik yang real surround sound.

3. Mikrophone

Jika sering menggunakan fitur voicechat, maka kamu harus memperhatikan kualitas mikrofon. Sebuah headphone gaming yang bagus biasanya juga dilengkapi dengan mikrofon yang bagus, misalnya sudah mendukung noise cancellation.

Fitur ini memungkinkan mikrofon hanya fokus pada suara kamu, sehingga berbagai suara berisik, misalnya main di game center yang ramai tidak akan masuk.

Untuk mengecek kualitas suara dari mikrofon, kamu bisa melakukan tes sederhana yakni dengan rekam suaramu saat berbicara menggunakan mikrofon pada aplikasi audio recorder.

Kemudian dengarkan hasilnya apakah masih ada noise mengganggu atau tidak. Jika tidak ada, maka bisa dipastikan kualitas mikrofon tersebut baik digunakan untuk gim.

Selain kualitas suara, perlu juga mempertimbangkan fitur lain seperti, mikrofon yang dapat dilepas atau dilipat.

Bahkan ada juga yang bentuk mikrofonnya hanya berupa lubang kecil di earcup headphone (boomless mic) yang bisa menangkap suara dengan baik.

Untuk yang satu ini mungkin cocok bagi kamu yang menginginkan headphone gaming dengan tampilan yang simple.

4. Soundcard

Beberapa headphone gaming sudah dibekali dengan soundcard yang fiturnya memungkinkan kualitas audio yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

Kalau kamu menginginkan suara yang lebih realistis dan detail, maka harus melirik headphone jenis yang dilengkapi soundcard.

Secara kualitas suara memang tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja memang konsekuensinya di harga yang lumayan mahal. Tapi, kualitas audio yang dihasilkan memang jauh di atas headphone gaming tanpa soundcard.

Meski begitu, jika PC sudah dibekali dengan soundcard yang baik seperti onboard motherboard atau soundcard PCI maka headphone tanpa soundcard sudah lebih dari cukup.

Untuk soundcard sendiri sudah disediakan dalam paket penjualan, dan nantinya headphone akan dihubungkan ke soundcard terlebih dahulu via jack audio 3.5 mm, dan selanjutnya soundcard terhubung ke PC atau laptop melalui port USB.

5. Kenyamanan

Semahal dan secanggih apapun headphone gaming, kalau tidak nyaman digunakan akan percuma. Kenyamanan menjadi poin yang sangat penting karena nantinya kamu akan menggunakan alat tersebut hingga berjam-jam lamanya.

Nyaman yang dimaksud di sini tidak akan cepat pegal, serta kegerahan khususnya pada bagian telinga.

Cara paling mudah untuk mengetahui nyaman tidaknya headphone adalah tingkat keempukan bagian ear pad (spons) yang menempel ke telinga, lalu bisa juga fitur tambahan dari headphone itu sendiri seperti panjang headband yang bisa disesuaikan, volume control, serta ada juga yang bisa dilipat untuk memudahkan penyimpanan.

Selain itu, perlu juga memperhatikan ear cup, harus menutupi keseluruhan bagian telinga, sehingga telinga tidak sakit. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...