News

5 Trik Bikin Memori Internal Smartphone Jadi Makin Lega

5 Trik Bikin Memori Internal Smartphone Jadi Makin Lega
Smartphone Samsung Galaxy M52 5G. (Foto: Samsung Indonesia)

Jakarta - Di era digital yang akrab dengan gadget, pengguna smartphone kerap dibikin kesal dengan penuhnya memori internal pada ponsel pintar miliknya. Bukan tanpa sebab, hal itu memang membuat penggunaannya jadi tak maksimal.

Mengutip laman Forbes, selain penggunaannya yang terhambat, berbagai ancaman buruk lainnya juga mengintai smartphone yang memori internalnya terlampau penuh. Di antaranya, tidak dapat menambah aplikasi baru kecuali dengan menghapus sejumlah file.

Tetapi, pengguna kerap menghadapi dilema besar ketika diberikan pilihan tersebut. Pasalnya, file yang terdapat pada memori internal terkadang merupakan hal penting yang tidak memungkinkan untuk dihapus.

Berikut Kureta rangkumkan tips membuat memori internal pada smartphone jadi makin lega:

Vivo T1 Pro 5GSmartphone Vivo T1 Pro 5G. (Foto: Vivo Indonesia)

1. Aplikasi

Penggunaan aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan, kerap membuat memori internal pada ponsel pintar menjadi cepat penuh.

Jika besaran file satu aplikasi mencapai puluhan gigabyte, menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan, bakal mampu membuat memori internal smatphone yang penuh, mampu berjalan normal kembali.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5GSmartphone Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: SEIN)

2. Aplikasi dengan Penambahan Penyimpanan Otomatis

Beberapa aplikasi pada smartphone android maupun iOS, akan menginstal pembaruan secara otomatis dan tanpa pemberitahuan.

Meski pembaruan penting bagi kinerja aplikasi, penambahan besaran file pada aplikasi juga menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Galaxy M53Smartphone Samsung Galaxy M53 5G. (Foto: SEIN)

3. Sistem Operasi

Sistem operasi yang lebih besar dari kemampuan smartphone akan membuat memori internal ponsel cepat penuh. Alih-alih membuat ponsel berjalan makin canggih, hal ini terkadang justru membuat smartphone menjadi semakin lemot.

Maka, hal ini menjadi penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengunduh dan menginstal pembaruan sistem operasi.

Vivo V23 5G.Ponsel Vivo V23 5G. (Foto: dok. Vivo)

4. Sampah di Aplikasi Pesan Singkat

Berbagi informasi melalui aplikasi pesan singkat memang mengasyikan. Namun, terkadang pengiriman file video maupun gambar dengan ukuran file besar, tidak disadari membuat memori internal ponsel menjadi cepat penuh.

Lantaran itu, menjadi penting untuk menghapus secara berkala gambar dan video pada pesan singkat yang sudah tidak lagi dibutuhkan.

Vivo V23 5GPonsel Vivo V23 5G. (Foto: dok. Vivo)

5. Foto dan Video Tak Penting

Sejumlah foto dan video berukuran file besar, terkadang tersimpan pada ponsel tanpa disadari. Hal ini, tentu membuat memori internal akan lebih cepat penuh.

Lakukan pengecekan file foto dan video tak penting yang ada di penyimpanan smartphone dan hapuslah secara berkala. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...