Alur

6 Hidden Gem yang Lagi Naik Daun di Indonesia

6 Hidden Gem yang Lagi Naik Daun di Indonesia
Stone Garden, Citatah. (foto: ist).

Jakarta - Platform hospitality OYO mengatakan destinasi wisata tersembunyi (hidden gem) dan ramah lingkungan (eco-tourism) kian naik daun seiring dengan kembalinya arus wisatawan lokal maupun mancanegara di Indonesia.

"Kami melihat bahwa ekowisata memiliki potensi besar, dengan destinasi-destinasi ekowisata biasanya dikunjungi oleh wisatawan dalam grup kecil yang aktif mencari informasi mengenai alam dan budaya, baik melalui kanal digital maupun berinteraksi dengan masyarakat sekitar," kata Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya dikutip dari siaran persnya, Sabtu, 2 Juli 2022.

Berikut ini adalah beberapa destinasi hidden gem rekomendasi OYO.

1. Sanghyang Kenit, Rajamandala

Wisata Sanghyang KenitWisata Sanghyang Kenit, Rajamandala, Bandung Barat. (foto: ist).

Terletak di Kabupaten Bandung Barat yang menyediakan pemandangan arus sungai dan gua-gua purba. Dibendungnya aliran Sungai Citarum Purba ke PLTA Rajamandala, membuat air yang melewati Sanghyang Kenit mendangkal. Arusnya pun saat ini cenderung tenang mengalir di antara bebatuan purba yang kini dapat dikunjungi oleh wisatawan.

2. Stone Garden dan Gua Pawon, Citatah

Stone Garden CitatahStone Garden, Citatah. (foto: ist).

Lokasi tersebut merupakan kompleks gua purbakala di mana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang ditengarai adalah nenek moyang orang Sunda, meski hingga saat ini masih diteliti oleh balai arkeolog Bandung.

3. Smart Farming, Desa Cibeunying, Cibodas, Bandung Barat

Bagi wisatawan yang ingin membawa serta keluarga dan anak-anaknya berlibur, maka destinasi ini bisa menjadi pilihan. Menawarkan pemandangan kebun dan sawah yang asri, destinasi ini juga menyediakan strawberry farm dan bukit pinus yang dapat dijelajahi bersama keluarga.

4. Puncak Manik, Desa Bangunharja, Ciamis

Pilihan lain untuk destinasi wisata keluarga, Puncak Manik menawarkan berbagai kegiatan untuk keluarga dan anak-anak, seperti wisata edukasi perikanan dan pertanian, fun tubing di Sungai Cihonje, susur Hutan Cicapar, puncak manik kidzland, flying fox, permainan outbound, hingga pemandangan Lembah Cipetir.

5. Goa Resi, Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri

Goa Resi menyuguhkan keindahan alam dan suasana yang asri berupa obyek foto di dalam goa dengan latar lampu warna-warni diiringi tetesan air dari atas goa serta menawarkan tempat kolam renang yang dapat dinikmati oleh anak-anak.

6. Carangsari Village Cycling, Bali

BaliCarangsari Village Cycling, Bali. (foto: Klook.com).

Cocok untuk semua tamu dari segala usia, tur bersepeda ini memungkinkan wisatawan dapat melihat sekilas kehidupan sehari-hari warga lokal, budaya Bali dan ditemani oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

Saat ini, OYO Indonesia telah menjalin kerja sama dengan belasan desa wisata yang tergabung ke dalam jaringan OYO. Sejumlah desa-desa wisata tersebut ternyata memang memiliki beberapa destinasi ekowisata tersembunyi yang dapat menjadi pilihan alternatif untuk dikunjungi para wisatawan pecinta alam.

"Saat ini OYO telah berkolaborasi dengan lebih dari belasan desa wisata dengan ribuan kamar di berbagai provinsi di Indonesia. Lewat kampanye #KembaliKeDesa, OYO terus berkomitmen untuk memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang menyimpan potensi dan kearifan lokal tersendiri di berbagai wilayah di Indonesia," kata Agus. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...