Alur

7 Kiat Agar Lebih Semangat Bangun Sahur

7 Kiat Agar Lebih Semangat Bangun Sahur
Ilustrasi perempuan bangun tidur. (foto: shutterstock.)

Jakarta - Sahur sangat penting dilakukan agar tetap berenegi saat puasa Ramadan. Namun, rasa kantuk tak tertahankan kerap mengganggu bangun dini hari. Bila Anda butuh suntikan semangat untuk sahur, simak tujuh cara berikut dikutip dari Gulf News, Senin, 11 April 2022.

1. Tidur lebih cepat

Mudah diucapkan tapi mungkin lebih sulit dilakukan saat bulan Ramadan. Namun, Anda harus berusaha istirahat lebih cepat dari biasanya agar bisa bangun lebih pagi. Dengan tidur lebih cepat, Anda akan lebih berenergi saat sahur karena sudah mendapat porsi istirahat cukup.

2. Letakkan alarm di tempat jauh

Anda akan mudah mematikan alarm bila posisinya ada di jangkauan tangan. Letakkan di tempat yang agak jauh, misalnya di meja seberang tempat tidur, agar ketika alarm berbunyi Anda mau tidak mau harus bangun untuk mematikannya.

3. Jangan konsumsi minuman kafein sebelum tidur

Bila Anda yang terbiasa minum kopi sebelum Ramadan, mungkin agak sulit untuk menghentikan kebiasaan itu. Meski bersikeras meyakinkan segelas kopi saat buka puasa takkan berpengaruh, ada kemungkinan justru itu akan membuat Anda sulit tidur. Jika memungkinkan, coba kurangi minuman kafein selama bulan puasa agar bisa tidur cepat dan bangun lebih pagi.

4. Olahraga rutin

Olahraga bisa membantu Anda tidur lebih baik dan lebih cepat dari biasanya. Jalan kaki setelah buka puasa, bila dilakukan secara konsisten, bisa membuat Anda lebih cepat tidur. Olahraga dapat dilakukan persis sebelum buka puasa atau sekitar pukul 9 malam.

5. Jangan makan terlalu banyak saat buka puasa

Jangan "balas dendam" ketika buka puasa dengan mengonsumsi porsi makanan lebih banyak dari biasanya. Makan secukupnya, minum banyak air, jangan lupa beribadah lalu istirahat.

6. Hangat bersama keluarga

Bangun beramai-ramai bersama anggota membuat sahur jadi lebih menyenangkan. Ajak tiap orang untuk berbagi tugas dalam menyiapkan sahur, mulai dari menyeduh teh hangat, menyiapkan kurma atau memanaskan makanan.

7. Siapkan menu yang lezat

Sebelum tidur, pikirkan menu sahur yang seru dan membuat Anda tak sabar bangun untuk menyantapnya. Siapkan menu yang lezat sesuai selera, tapi pastikan semuanya mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 25 May 2022 | 22:44 WIB
Saur Tumiur Situmorang mengatakan, tambang sering sekali menimbulkan hal-hal baru terkhusus pada perempuan.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:47 WIB
Pria lanjut usia (lansia), Juned Nasution (60) yang hanyut disela minum tuak di pinggir Sungai Denai, Kota Medan, ditemukan tewas
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:43 WIB
Cuaca buruk diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Kamis, 26 Mei 2022.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:41 WIB
Seorang ayah di Sulbar kehilangan uang puluhan juta akibat ditipu penelpon gelap
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:35 WIB
DPD Gerindra Sulbar sudah mulai panaskan mesin politik Pilgub 2024.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:31 WIB
Dugaan penghinaan Bendera Merah Putih di Majene, praktisi hukum menilai terkesan dibiarkan polisi.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 21:14 WIB
Strategi komunikasi yang dirancang oleh Carl Byoir Indonesia sukses mengantarkan Samsung meraih penghargaan The Best PR Campaign Award.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:39 WIB
Gita Bhebhita memiliki latar kepribadian yang tak jauh berbeda dengan karakter Sarma di film Ngeri Ngeri Sedap.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:11 WIB
Selain hampir 100 persen syuting di wilayah Danau Toba, film Ngeri Ngeri Sedap juga mengoptimalkan lebih dari 100 orang bintang dan kru lokal.
News
Fernandho Pasaribu - 25 May 2022 | 19:10 WIB
Anggota DPR menilai pemerintah perlu memberikan kompensasi kepada peternak sebagai salah satu upaya dalam rangka menanggulangi serangan wabah PMK.
Loading ...