Alur

Apel Siaga di Hari Ibu, DPR: Negara Harus Pastikan Tak Ada Diskriminasi Perempuan

Apel Siaga di Hari Ibu, DPR: Negara Harus Pastikan Tak Ada Diskriminasi Perempuan
Ketua DPP PKS Bidang Kesejahteraan Sosial Netty Prasetiyani menyelenggarakan Apel Siaga di Pantai Kesenden, Kota Cirebon, Selasa, 22 Desember 2021.(Foto:Kureta/Istimewa)

Cirebon - Memaknai Hari Migran Internasional, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Ibu, Ketua DPP PKS Bidang Kesejahteraan Sosial Netty Prasetiyani menyelenggarakan Apel Siaga di Pantai Kesenden, Kota Cirebon, Selasa, 22 Desember 2021.

Negara harus memastikan terciptanya situasi yang aman, nyaman dan kondusif bagi perempuan dalam menjalani peran komprehensif tersebut

Menurut Netty, Hari Ibu harus dimaknai sebagai momentum pengokohan peran komprehensif perempuan di segala sektor kehidupan, baik peran dalam keluarga maupun di ranah publik.

"Peran komprehensif perempuan tidak bisa dilepaskan dari upaya membangun peradaban. Ibu adalah unsur penting di dalam keluarga, sekaligus ia adalah agen penggerak dan agen perubah di tengah masyarakat, baik di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, politik dan sebagainya" kata Netty dalam keterangannya.

Perempuan, lanjutnya, telah mendapat anugerah luar biasa dari Tuhan berupa kemampuan multi talenta dan multi tasking sehingga mampu mencapai titik keseimbangan yang mengagumkan dalam menjalani peran komprehensif tersebut.

"Satu tangannya mengayun buaian, sementara satu tangan lainnya dapat mengguncang dunia memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan untuk sesama," ujarnya.

Acara Apel Siaga dilanjutkan dengan peresmian program padat karya Kesenden, pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan, pembagian nutrisi ibu dan balita, sentra bermain bersama anak-anak, serta berdialog dengan para ibu pengolah ikan asin.

Netty dalam pesannya selaku pembina upacara menyampaikan bahwa anak-anak Indonesia rentan akan masalah kesehatan seperti stunting, narkoba, pergaulan bebas, serta Covid-19, dan sebagainya.

"Saat kondisi pandemi seperti ini, ada banyak potensi pengabaian hak-hak anak. Misalnya, posyandu yang menjadi ujung tombak imunisasi anak di lapangan tidak berjalan akibat Covid-19. Akhirnya perkembangan anak tidak terpantau dengan baik. Angka kematian anak akibat kasus Covid-19 juga tinggi," katanya.

Menurut dia, peran ibu sangat penting dalam menjaga ketahanan dan melindungi keluarga di masa pandemi.

"Ibu dapat menjadi sumber informasi dan kunci kesehatan bagi keluarganya. Ibu juga adalah orang yang paling dipercaya untuk mengedukasi keluarga agar disiplin menerapkan prokes 3 M," tuturnya.

"Peran ibu juga penting memastikan semua rumah dan keluarga menyediakan alat perlindungan diri yang standar seperti kebutuhan masker, sabun, dan hand sanitizer," sambungnya.

Peran ibu, menurut Netty, tidak hanya dari aspek kesehatan, tapi juga dalam aktivitas ekonomi keluarga.

"Adakalanya ibu menjadi pencari nafkah utama keluarga, bahkan hingga pergi ke negeri jiran sebagai pekerja migran. Mereka menjadi penggerak ekonomi keluarga dan juga ekonomi bangsa melalui devisa," ungkapnya.

Terakhir Netty mengucapkan terima kasih kepada seluruh perempuan dan ibu di dunia yang telah berjuang membuat dunia lebih adil, lebih tenteram dan lebih ramah.

Oleh karena itu, Netty berharap pemerintah dapat melindungi hak-hak perempuan di Indonesia.

"Negara harus memastikan terciptanya situasi yang aman, nyaman dan kondusif bagi perempuan dalam menjalani peran komprehensif tersebut. Pastikan tidak ada diskriminasi, peminggiran, dan sub ordinasi terhadap perempuan," ucap Netty Aher.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...