News

ASEAN-AS Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Berbagai Sektor Strategis

ASEAN-AS Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Berbagai Sektor Strategis
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi soroti pentingnya peran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk hentikan agresi militer Israel atas Palestina. (foto: istimewa).

Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Amerika Serikat menghasilkan ASEAN-US Joint Vision Statement yang menegaskan komitmen untuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor strategis, seperti pemulihan pandemi dan penanganan perubahan iklim.

AS mendukung ASEAN untuk memperkuat kapasitas manufaktur berkelanjutan untuk produk medis esensial serta riset bersama

"Sebagai koordinator, Indonesia memimpin perundingan joint vision statement (pernyataan visi bersama) ini," kata Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, seperti mengutip ANTARA, Sabtu, 14 Mei 2022.

Sebagai upaya bersama dalam pemulihan pandemi dan penguatan ketahanan kesehatan kawasan, dibentuk pula program ASEAN-US Health Initiative.

"AS mendukung ASEAN untuk memperkuat kapasitas manufaktur berkelanjutan untuk produk medis esensial serta riset bersama," ujarnya.

Dalam hal ini, kata dia, peningkatan kerja sama ekonomi dan konektivitas juga didorong untuk memfasilitasi penguatan rantai pasok dan konektivitas kawasan untuk peralatan medis, obat-obatan, vaksin, serta komoditas pertanian.

Di bidang penanganan perubahan iklim, kedua pihak akan mengalokasikan dana melalui program US-ASEAN Climate Future untuk mendukung kontribusi yang ditetapkan secara nasional (nationally determined contribution/NDC) oleh negara-negara ASEAN.

Selain itu, kemitraan antara sektor publik dan swasta juga didorong guna mempercepat percepatan transisi energi bersih, antara lain melalui skema pendanaan, blended finance, dan transfer teknologi.

ASEAN dan AS sepakat untuk meningkatkan kerja sama pendidikan, termasuk kolaborasi universitas dan perusahaan melalui program Billion Futures yang ditujukan untuk peningkatan pembangunan pendidikan, pelatihan guru, dan promosi pengarusutamaan gender.

Kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama maritim dengan memperkuat koordinasi antara lembaga penegak hukum di bidang maritime domain awareness (MDA), search and rescue (SAR), keamanan maritim, serta pemberantasan penangkapan ilegal (illegal, unreported, unregulated/IUU fishing).

KTT yang berlangsung di Washington DC dan dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo itu juga berhasil menyepakati secara prinsip peningkatan kemitraan ASEAN-AS dari Kemitraan Strategis menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

Pembahasan detail mengenai kemitraan tersebut akan dilanjutkan dan direncanakan diluncurkan pada KTT ASEAN-AS bulan November 2022.

"Kehadiran Bapak Presiden (Jokowi) pada rangkaian pertemuan KTT ASEAN-AS diharapkan dapat memperkuat kerja sama konkret antara ASEAN dan AS demi berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik," ucap Menlu Retno.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 25 May 2022 | 22:44 WIB
Saur Tumiur Situmorang mengatakan, tambang sering sekali menimbulkan hal-hal baru terkhusus pada perempuan.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:47 WIB
Pria lanjut usia (lansia), Juned Nasution (60) yang hanyut disela minum tuak di pinggir Sungai Denai, Kota Medan, ditemukan tewas
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:43 WIB
Cuaca buruk diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Kamis, 26 Mei 2022.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:41 WIB
Seorang ayah di Sulbar kehilangan uang puluhan juta akibat ditipu penelpon gelap
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:35 WIB
DPD Gerindra Sulbar sudah mulai panaskan mesin politik Pilgub 2024.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:31 WIB
Dugaan penghinaan Bendera Merah Putih di Majene, praktisi hukum menilai terkesan dibiarkan polisi.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 21:14 WIB
Strategi komunikasi yang dirancang oleh Carl Byoir Indonesia sukses mengantarkan Samsung meraih penghargaan The Best PR Campaign Award.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:39 WIB
Gita Bhebhita memiliki latar kepribadian yang tak jauh berbeda dengan karakter Sarma di film Ngeri Ngeri Sedap.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:11 WIB
Selain hampir 100 persen syuting di wilayah Danau Toba, film Ngeri Ngeri Sedap juga mengoptimalkan lebih dari 100 orang bintang dan kru lokal.
News
Fernandho Pasaribu - 25 May 2022 | 19:10 WIB
Anggota DPR menilai pemerintah perlu memberikan kompensasi kepada peternak sebagai salah satu upaya dalam rangka menanggulangi serangan wabah PMK.
Loading ...