News

Begini Respon Wali Kota Cirebon Terkait Usulan Disbudpar

Begini Respon Wali Kota Cirebon Terkait Usulan Disbudpar
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis. (Foto: Kureta/Charles)

Cirebon – Usulan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon untuk pemberlakuan program ‘Selasa Nyerbon’ mendapat respons positif dari Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis.

Disbudpar Kota Cirebon mengusulkan ‘Selasa Nyerbon’ diterapkan pada satu hari setiap pekannya, yaitu Selasa, sebagai salah satu upaya untuk melestarikan adat dan tradisi Cirebon, baik dari segi pakaian maupun bahasa keseharian.

“Kota Cirebon memiliki kekhasan yang perlu diekspos lebih. Sehingga usulan Disbudpar Kota Cirebon itu tentu kita menyambut baik. Saya akan meminta sekretaris daerah untuk menyusun kerangka regulasinya,” ungkap Azis, di Balai Kota Cirebon, Jumat 23 September 2022.

Azis mengatakan, regulasi yang disusun nanti bisa berupa Peraturan Wali Kota (Perwali) atau dengan Surat Edaran (SE). Sehingga inovasi yang dicetuskan Disbudpar untuk penggunaan pakaian adat dan bahasa Cirebon dalam sehari di setiap pekannya dapat diberlakukan di tingkat Kota Cirebon.

“Akan berlaku untuk seluruh perangkat daerah. Karena akan sangat baik, apabila pakaian adat dan bahasa Cirebon bisa digunakan oleh seluruh pegawai di lingkungan Pemda Kota Cirebon pada hari tertentu,” tuturnya.

Efek dari kebijakan ini juga mendongkrak ekonomi kreatif di Kota Cirebon, baik penjualan kostum, celana, batik, hingga sandal dan aksesoris lainnya.

Sebelumnya, Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan, strategi ini merupakan inisiatif sekaligus inovasi. Usulan ini juga sudah diuji coba sejak awal September 2022.

“Selama berkomunikasi antarpegawai juga menggunakan bahasa Cirebon, termasuk di grup WhatsApp dan apel pagi. Bagi yang belum bisa, pelan-pelan belajar dan bisa dicampur dengan bahasa keseharian” ungkapnya.

Agus juga berharap, kebijakan ini bisa ditetapkan di tingkat Kota Cirebon. Tidak hanya untuk lingkup pemerintahan, melainkan juga lingkup pendidikan, hingga swasta seperti mal, perbankan, hotel dan ruang publik lainya.

“Melalui hal kecil ini, kita berharap masyarakat Cirebon bisa lebih mencintai budaya dan bahasa Cirebon serta bisa lestari hingga generasi mendatang,” harapnya.

Agus juga menambahkan, efek dari kebijakan ini juga mendongkrak ekonomi kreatif di Kota Cirebon, baik penjualan kostum, celana, batik, hingga sandal dan aksesoris lainnya.

“Kemudian yang terpenting adalah pencapaian visi misi kepala daerah, yakni Sehati Mewujudkan Kota Kreatif Berbasis Budaya dan Sejarah,” katanya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...