News

Bripka Ricky dan Bharada E Tak Lihat Istri Ferdy Sambo Dilecehkan Brigadir J

Bripka Ricky dan Bharada E Tak Lihat Istri Ferdy Sambo Dilecehkan Brigadir J
Ilustrasi senjata api berjenis pistol. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik memastikan peristiwa dugaan Nopryansah Yosua Hutabarat (Brigadir J) melecehkan Putri Candrawathi tidak disaksikan oleh Bripka Ricky dan Bharada E, dua ajuan Irjen Ferdy Sambo.

Damanik menegaskan, satu-satunya orang yang dapat dimintai keterangan terkait kejadian pelecehan hanyalah Putri Candrawathi.

Menurut dia, dua polisi ajudan Ferdy Sambo hanya mendengar teriakan Putri, yang berbuntut pada peristiwa baku tembak menewaskan Brigadir J pada 8 Juli 2022.

"Dugaan pelecehan seksual yang ada siapa? Hanya ibu Putri yang bisa memberikan keterangan. Kan Ricky dan Bharada E tidak menyaksikan. Dia hanya mendengar teriakan dari ibu itu. Tidak tahu kenapa teriakan terjadi," katanya kepada wartawan, Selasa, 2 Agustus 2022.

Baca juga: Alasan Komnas HAM Tak Kunjung Periksa Istri Ferdy Sambo

"Berarti saksi hidup yang ada hanyalah Ibu Putri," ujar dia lagi.

Taufan memastikan, Putri Candrawathi menjadi saksi kunci untuk mengungkap dugaan pelecehan seksual berujung baku tembak antara Bharada E dengan Brigadir J.

"Padahal seluruh peristiwa ini titik krusialnya tumpunya ada di Bu Putri menjawab apakah tembak-menembak, siapa yang melakukannya, pelecehan seksual ini benar ada atau tidak. Saya kira itu," ujar Damanik.

Baca juga: Temuan Luka Tembak di Kepala Belakang Tembus ke Hidung Brigadir Yosua

Dia pun mengungkap alasan mengapa pihaknya hingga kini tak kunjung dapat melakukan pemeriksaan terhadap istri Ferdy Sambo.

Kata Damanik, sejauh ini Putri Candrawathi belum dapat memenuhi undangan pemanggilan Komnas HAM. Sebab, kondisinya dilaporkan belum pulih secara psikologis.

Maka itu Komnas HAM belum bisa menyimpulkan terkait kasus pelecehan terhadap istri Jenderal Polisi bintang dua itu benar terjadi atau tidak.

"Itu pun kita belum ketemu dia. Karena masalah psikologis. Dengan LPSK juga belum menyelesaikan prosedurnya. Maka bagaimana kita menyimpulkannya. Belum bisa. Apakah itu benar terjadi atau tidak," tuturnya.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut penarikan kasus dugaan pelecehan terhadap Putri Candrawathi dari Polda Metro Jaya ke Bareskrim Polri demi menjaga efektivitas dan efisiensi penyidikan.

Dia juga memastikan penyidik dari Polda Metro dan Polres Jaksel masih tergabung dalam tim penyidikan.

"Ya, dijadikan satu agar efektif dan efisien dalam manajemen sidiknya, namun penyidik PMJ, Jaksel tetap masuk dalam tim sidik," kata Dedi Prasetyo kepada wartawan, Minggu, 31 Juli 2022. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...