News

Buka KONAS GMKI di Sumba, Menteri PPPA Sebut Perempuan SDM Paling Penting

Buka KONAS GMKI di Sumba, Menteri PPPA Sebut Perempuan SDM Paling Penting
Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia melaksanakan Konsultasi Nasional Perempuan di Waingapu, Sumba Timur, pada 25-28 November 2021. (Foto: Kureta/dok GMKI)

Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, membuka kegiatan Konsultasi Nasional yang digelar Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Waingapu, Sumba Timur, pada 25-28 November 2021.

Dalam sambutannya, Bintang Puspayoga mengatakan bahwa perempuan dan anak adalah sumber daya manusia yang penting bagi Indonesia. Bahkan, kelompok perempuan merupakan ujung tombak yang mampu diandalkan dalam kondisi krisis.

"Perempuan dan anak adalah sumber daya manusia yang sangat penting bagi bangsa, kerena kalau kita melihat dari jumlah populasi buat perempuan mengisi setengah populasi Indonesia, sedangkan anak miskin sepertiga dari populasi Indonesia perempuan memiliki ketekunan dan ketelitian yang membuat dirinya sangat di butuhkan meniti karir di dunia profesional dan perempuan memiliki ketangguhan dan kesabaran yang mendorong kesuksesan dalam berwirausaha," ujar Bintang Puspayoga, dikutip Kureta pada Jumat, 26 November 2021.

"Demikian juga ketika kita melihat perempuan dalam kehidupan bermasyarakat perempuan dengan sensitifitas sosialnya yang kini menjadi ujung tombak yang bisa di andalkan dalam kondisi krisis, jika di dalam keluarga pun kita melihat keluarga yang merupakan inti terkecil dari pada masyarakat ada perempuan sebagai manajer keluarga. Nah potensi-potensi inilah yang mereka sayangkan belum bisa terjadi secara maksimal," kata dia.

Konas GMKIPengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia melaksanakan Konsultasi Nasional Perempuan di Waingapu, Sumba Timur, pada 25-28 November 2021. (Foto: Kureta/dok GMKI)

Dalam kesempatan yang sama, Bintang Puspayoga juga mengapresiasi kegiatan GMKI dan mengharapkan adanya rekomendasi dari hasil Konsultasi Nasional GMKI Tahun 2021. Hal itu nantinya dapat dijadikan acuan untuk mewujudkan tema besar dalam kegiatan tersebut.

"Kami dari Kementrian mengapresiasi kepada GMKI dan Tentu kami harapkan kepada Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia," tutur dia.

"Ini hari yang cukup panjang 25-28 melakukan dialog-dialog tentunya kami tunggu rekomendasinya yang nantinya kita jadikan acuan bersama untuk wujudkan apa yang menjadi Tema kegiatan kali ini yaitu perempuan bermartabat inspirasi masa depan," ujar Bintang Puspayoga.

Kegiatan KONAS GMKI diselenggarakan dengan peserta 160 orang dari perwakilan 53 cabang GMKI Se-Indonesia serta 500 orang tamu undangan lainnya.

Selain dibuka oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga, acara ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Jefri Edi Irawan Gultom, Ketua DPRD NTT Ir. Emilia Julia Nomleni, Bupati Sumba Timur Khristofel Praing, dan Kapolda NTT.

Hadir pula dalam acara itu Ketua DPRD Kab. Sumba Timur Ali Oemar Fadaq, Ketua Umum Panitia Konas Perempuan GMKI Ibu Melyati Simanjuntak dan perwakilan Pemerintah daerah Se Sumba beserta Lembaga, komunitas pemerhati perempuan se sumba dirangkai dengan deklarasi Menuju Kabupaten Sumba Timur layak Anak. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...