News

Bupati Akmal Ibrahim Respons Sengketa Pilkades Abdya

Bupati Akmal Ibrahim Respons Sengketa Pilkades Abdya
Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, saat memberikan sambutan dalam acara peresmian PKS pertama. (Foto: Kureta/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim angkat bicara perihal sengketa dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di kabupaten setempat. Sesuai dengan data yang dirilis Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) Abdya, sedikitnya terdapat 7 persoalan yang dicatat.

"Saya ucapkan selamat atas suksesnya Pilkades Abdya beberapa hari lalu. Sebagai sebuah perhelatan demokrasi yang besar, wajar jika ada beberapa persoalan yang perlu diselesaikan," kata Bupati Akmal, di Abdya, Selasa, 29 Maret 2022.

Akmal menuturkan, seperti dirilis oleh Yara Abdya paling tidak ada 7 desa yang melaporkan persoalan pascaPilkades. Artinya, tak sampai 5 persen yang menyisakan masalah.

Bupati Akmal melanjutkan, berkaitan dengan itu, maka lembaga yang berwenang menyelesaikan masalah tersebut sudah ditentukan oleh aturan.

"Lembaga itu pertama Mukim dan Camat, dan kepolisian negara bila menyangkut pidana, serta PTUN bila menyangkut Tata Usaha Negara," ucap Akmal.

Akmal berujar, di luar lembaga yang disebutkan itu maka tidak satu pun lembaga lain berhak menyelesaikan sengketa Pilkades. Termasuk bupati, DPRK, atau Yara.

Untuk itu, kata Akmal, bagi yang masih keberatan dipersilakan membuat pengaduan pada lembaga yang berwenang.

"Sementara lembaga lain termasuk bupati, hanya bisa memfasilitasi, memberi saran-saran atau bicara-bicara saja. Tapi kalau mau selesai dan final, tetap pada lembaga yang saya sebutkan itu," ucapnya.

Akmal menambahkan, yang jadi masalah ialah yang melapor ke kepolisian baru satu desa. Itu pun, kata dia, hanya melapor dan belum memperkuat dengan alat bukti yang layak.

"Sedangkan pada Mukim dan Camat, belum ada laporan, apalagi PTUN," ucap Bupati Akmal. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...