News

Bupati Lumajang Serahkan Gaji bagi Warga Terdampak PPKM

Bupati Lumajang Serahkan Gaji bagi Warga Terdampak PPKM
Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan wakilnya Indah Amperawati. (Foto: Twitter)

Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan wakilnya Indah Amperawati menyumbangkan gaji untuk membantu masyarakat yang terdampak PPKM Darurat. 

Terlihat dalam visual YouTube yang juga diunggah lewat akun Twitter @thoriqul_haq, bupati dan wabup yang berada di Jawa Timur itu mengatakan gaji diserahkan keseluruhan ke forum zakat untuk membeli beras.

"Beras nanti akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak PPKM darurat," katanya, dilihat Minggu, 18 Juli 2021.

Bupati Thoriqul mengatakan, saat ini sudah mulai terkumpul beras yang diperkirakan satu dua hari ke depan akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak PPKM darurat terutama yang bekerja secara harian. 

Dikatakan, ini kerja sama dengan Amil Zakat Lumajang, ada 11 lembaga zakat di Kabupaten Lumajang, bersama pemerintah setempat membuat gerakan Forum Zakat Peduli.

"Forum ini menerima bantuan dalam bentuk beras atau uang tunai yang nanti akan dibelikan beras," katanya.

Bupati Thoriqul mengakui, cukup banyak warganya yang terdampak Covid-19. Sebanyak 148.816 keluarga yang terdampak sudah diintervensi atau diberikan bantuan. 

Oleh karena itu ayo berbagi. Sadar, paham bahwa ada orang lain belum menerima, maka biarlah bantuan itu mereka terima

Salah satu bentuk bantuan yang diberikan berupa program keluarga harapan atau PKH sebanyak 40.369 keluarga, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp 200 ribu diberikan kepada 59.371 keluarga.

Kemudian ada Bantuan Sosial Tunai (BST) uang sebesar RP 300 ribu yang rutin diberikan setiap bulan kepada 19.671 keluarga. Kemudian BLT Dana Desa diberikan sebesar Rp 300 ribu setiap bulan sebanyak 14.405 keluarga, dan UMKM sebesar Rp 2,4 juta diberikan kepada 15 ribu keluarga.

Disebutkan, forum juga akan menghimpun bantuan atau donasi dari masyarakat, termasuk ASN.

"Saya dan Bunda Indah akan mendorong ASN untuk sukarela membantu, termasuk dari masyarakat kami terima dengan senang hati," katanya.

Baca juga: Sidang Perdana Kasus Korupsi BOK Bulukumba Digelar 21 Juli di Makassar

Kesempatan itu, Wakil Bupati Indah Amperawati meminta bantuan yang salah sasaran agar warga yang menerimanya untuk menolak.

"Apabila ada bantuan nyasar, maka tolonglah untuk menolak. Berbagilah dengan mereka yang pernah menerima sama sekali," katanya.

Dia mengakui, secara data yang riil pihaknya memiliki keterbatasan. Itu sebabnya jika ada informasi ada warga yang sama sekali tidak mendapatkan bantuan segera disampaikan. 

"Akan kita intervensi. Oleh karena itu ayo berbagi. Sadar, paham bahwa ada orang lain belum menerima, maka biarlah bantuan itu mereka terima," tukasnya.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...