News

Bupati Lumajang Serahkan Gaji bagi Warga Terdampak PPKM

Bupati Lumajang Serahkan Gaji bagi Warga Terdampak PPKM
Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan wakilnya Indah Amperawati. (Foto: Twitter)

Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan wakilnya Indah Amperawati menyumbangkan gaji untuk membantu masyarakat yang terdampak PPKM Darurat. 

Terlihat dalam visual YouTube yang juga diunggah lewat akun Twitter @thoriqul_haq, bupati dan wabup yang berada di Jawa Timur itu mengatakan gaji diserahkan keseluruhan ke forum zakat untuk membeli beras.

"Beras nanti akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak PPKM darurat," katanya, dilihat Minggu, 18 Juli 2021.

Bupati Thoriqul mengatakan, saat ini sudah mulai terkumpul beras yang diperkirakan satu dua hari ke depan akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak PPKM darurat terutama yang bekerja secara harian. 

Dikatakan, ini kerja sama dengan Amil Zakat Lumajang, ada 11 lembaga zakat di Kabupaten Lumajang, bersama pemerintah setempat membuat gerakan Forum Zakat Peduli.

"Forum ini menerima bantuan dalam bentuk beras atau uang tunai yang nanti akan dibelikan beras," katanya.

Bupati Thoriqul mengakui, cukup banyak warganya yang terdampak Covid-19. Sebanyak 148.816 keluarga yang terdampak sudah diintervensi atau diberikan bantuan. 

Oleh karena itu ayo berbagi. Sadar, paham bahwa ada orang lain belum menerima, maka biarlah bantuan itu mereka terima

Salah satu bentuk bantuan yang diberikan berupa program keluarga harapan atau PKH sebanyak 40.369 keluarga, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp 200 ribu diberikan kepada 59.371 keluarga.

Kemudian ada Bantuan Sosial Tunai (BST) uang sebesar RP 300 ribu yang rutin diberikan setiap bulan kepada 19.671 keluarga. Kemudian BLT Dana Desa diberikan sebesar Rp 300 ribu setiap bulan sebanyak 14.405 keluarga, dan UMKM sebesar Rp 2,4 juta diberikan kepada 15 ribu keluarga.

Disebutkan, forum juga akan menghimpun bantuan atau donasi dari masyarakat, termasuk ASN.

"Saya dan Bunda Indah akan mendorong ASN untuk sukarela membantu, termasuk dari masyarakat kami terima dengan senang hati," katanya.

Baca juga: Sidang Perdana Kasus Korupsi BOK Bulukumba Digelar 21 Juli di Makassar

Kesempatan itu, Wakil Bupati Indah Amperawati meminta bantuan yang salah sasaran agar warga yang menerimanya untuk menolak.

"Apabila ada bantuan nyasar, maka tolonglah untuk menolak. Berbagilah dengan mereka yang pernah menerima sama sekali," katanya.

Dia mengakui, secara data yang riil pihaknya memiliki keterbatasan. Itu sebabnya jika ada informasi ada warga yang sama sekali tidak mendapatkan bantuan segera disampaikan. 

"Akan kita intervensi. Oleh karena itu ayo berbagi. Sadar, paham bahwa ada orang lain belum menerima, maka biarlah bantuan itu mereka terima," tukasnya.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Eno Dimedjo - 12 August 2022 | 23:27 WIB
Film Sri Asih, superhero kedua dari Jagat Sinema Bumilangit diagendakan tayang perdana di layar bioskop pada 6 Oktober 2022.
News
Eno Dimedjo - 12 August 2022 | 22:53 WIB
Bintang K-Pop Kwon Bo-ah alias BoA dikabarkan positif terinfeksi Covid-19
News
Eno Dimedjo - 12 August 2022 | 21:44 WIB
Indra Lesmana terpaksa mengundur jadwal konser tunggal pertamanya akibat positif terinfeksi Covid-19.
News
Fernandho Pasaribu - 12 August 2022 | 21:23 WIB
Tito Karnavian menyebutkan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Papua Selatan berdampak positif.
Alur
Fernandho Pasaribu - 12 August 2022 | 21:16 WIB
Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dapat mencegah penipuan dalam sistem perbankan.
News
Fernandho Pasaribu - 12 August 2022 | 21:12 WIB
Ahmad Muzani mengklaim bahwa semua kader menginginkan Ketua Umum Prabowo Subianto untuk maju sebagai Calon Presiden (Capres) di Pilpres 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 12 August 2022 | 20:54 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah di Papua Barat akan dapat memajukan wilayah tersebut.
News
Fernandho Pasaribu - 12 August 2022 | 20:47 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas memusnahkan pakaian bekas impor sebanyak 750 bal senilai Rp 8 miliar.
News
Eno Dimedjo - 12 August 2022 | 20:46 WIB
Dua penampil festival musik Synchronize Fest 2022, Dirty Ass dan Munhajat, sukses melakukan pemanasan di gelaran From Bintan With Love.
News
Eno Dimedjo - 12 August 2022 | 20:11 WIB
Blackpink bakal mengemas rilisan fisik untuk album terbaru bertajuk Born Pink dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.
Loading ...