News

Buya Maarif Wafat, Alissa: Beliau Membuat Saya Tak Berani Merasa Sok Tokoh

Buya Maarif Wafat, Alissa: Beliau Membuat Saya Tak Berani Merasa Sok Tokoh
Buya Syafii Maarif. (Foto: Ist)

Jakarta - Prof Dr KH Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Gamping, Yogyakarta dalam usia 87 tahun.

Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid alias Alissa Wahid yang dikenal sebagai putri sulung Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, menyebut Buya Maarif adalah inspirasi baginya.

"Setiap kali saya sudah merasa mentok tembok menghadapi kondisi bangsa, saya berlabuh mohon petuah Buya Maarif," tulis Alissa di akun Twitternya, Jumat, 27 Mei 2022. 

Alissa bilang, Buya Maarif adalah tokoh yang sangat dihormati almarhum ayahnya, Gus Dur. 

Buya Maarif kata dia, pernah mengatakan hubungan beliau berdua membantu Buya lebih luwes melihat soal bangsa dan agama.  

"Kesahajaan Buya Maarif adalah inspirasi bagi saya. Beliau membuat saya tidak berani merasa sok tokoh/sok besar. Gara-gara Buya, saya lebih memilih naik pesawat kelas ekonomi, kecuali masa pandemi karena alasan prokes," tutur Alissa.

Baca juga:

Sosok Buya Syafii Maarif dan Pesannya untuk Budiman Sudjatmiko

Dia berujar, merasa beruntung, berulang kali mengobrol berdua, di mana saja. Di rumah, di kantor Muhammadiyah, di kantor, di pesawat, di bandara, di acara.

"Begitu banyak pelajaran berharga dari Buya Maarif," tuksanya. "Diperbolehkan menuntun beliau menjadi berkah buat saya," imbuhnya.

Buya Maarif ujar Alissa, sering kesal dengan kondisi negara dan politik Indonesia. Sangat tegas dalam hal ini. 

Tidak segan memarahi siapapun. Tapi juga sangat arif dan bijak melihat bangsa. 

"Saya sering di-harus-kan ini-itu oleh Beliau," ungkapnya. "Begitu cintanya pada Indonesia," ujar Alissa yang justru tak mampu berbicara saat dihubungi awak media, saking sedihnya.

Semantara itu informasi disampaikan akun Maarif Institute bahwa menjelang jumatan, jenazah almarhum Buya Maarif akan dibawa ke Masjid Gede Kauman. 

Disemayamkan di Masjid Gede hingga ba’da Ashar, dilanjutkan upacara pemberangkatan jenazah ke pemakaman Husnul Khatimah Donomulyo Nanggulan, Kulon Progo. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...