News

Dibekali S-Pen dan Layar Canggih, Galaxy S22 Ultra Bantu Seniman Bikin Karya NFT

Dibekali S-Pen dan Layar Canggih, Galaxy S22 Ultra Bantu Seniman Bikin Karya NFT
Ilustrasi membuat karya NFT menggunakan smartphone. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Demam Non-fungible Token (NFT) terus berkembang di Indonesia dengan terus bermunculannya NFT marketplace asal Tanah Air hingga karya-karya NFT buatan anak bangsa yang terus digemari di pasar luar negeri.

Kehadiran NFT sebagai cara baru bagi generasi muda untuk berkarya secara positif pun menginspirasi Samsung Electronics Indonesia untuk mendorong lebih banyak generasi muda untuk menuangkan kreativitasnya dalam bentuk NFT.

Hal ini Samsung wujudkan melalui kolaborasi Samsung bersama tiga kreator seni, yaitu Bryan Lie, Randy Danistha, dan Rifqi Ardiansyah untuk menciptakan artwork berbentuk NFT dengan title "LIT the Night".

Dan yang pasti, sebagai pemimpin teknologi, kolaborasi ini dengan memaksimalkan teknologi smartphone flagship terbaik Samsung yaitu Galaxy S22 Ultra 5G.

Head of MX Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar dalam keterangan tertulisnya mengaku senang pihaknya dapat berkolaborasi bersama para kreator NFT muda, berbakat, dan kreatif asal Indonesia ini.

"Kerja sama ini pun sejalan dengan semangat Samsung untuk senantiasa memungkinkan masyarakat mengadopsi teknologi terbaru dalam mendobrak batasan di kehidupan sehari-hari dari waktu ke waktu, termasuk dalam berkarya," kata Selvia Gofar, dikutip Kureta pada Selasa, 24 Mei 2022.

"Apalagi, ada Galaxy S22 Ultra 5G yang dibekali berbagai teknologi dan inovasi terdepan, mulai dari built-in S Pen hingga prosesor tercepat di kelasnya, yang membuatnya menjadi ultimate device untuk kreativitas dan produktivitas di level yang lebih tinggi dalam menghasilkan karya dengan konsep baru dan unik, termasuk lewat NFT yang saat ini menjadi the next big thing," tutur dia.

NFTIlustrasi membuat karya NFT menggunakan smartphone. (Foto: Istimewa)

Artwork NFT ini menggambarkan bahwa dengan Galaxy S22 Ultra 5G–yang tampak digenggam oleh karakter utama dari karya ini–kamu bisa memiliki segala yang kamu butuhkan untuk tetap produktif, berkarya, hingga menikmati hiburan tanpa gadget lain yang tergambar sebagai limbah elektronik (junk).

Desain karakter utama yang misterius, futuristik, dan tampak seperti action figure ini pun merupakan ciri khas Bryan Lie yang kemudian diturunkan ke seluruh elemen pada artwork NFT tersebut.

Nama LIT The Night sendiri dipilih untuk meng-highlight salah satu keunggulan utama Galaxy S22 Ultra 5G, yaitu Nightography yang mampu membuat foto dan video di malam hari jadi lebih terang (LIT).

LIT di sini juga merujuk pada slang yang berarti keren, baik itu dari hasil artwork-nya maupun fitur-fitur epic di Galaxy S22 Ultra 5G seperti built-in S Pen.

Berikut sejumlah fitur unggulan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G yang memungkinkan para artis menghasilkan karya NFT yang menarik dan unik:

Randy DanisthaBryan Lie, Randy Danistha, Rifqi Ardiansyah kolaborasi bikin karya NFT menggunakan smartphone. (Foto: Istimewa)

1. Bikin NFT yang lebih autentik secara on-the-go dengan S Pen

Dalam membuat karya NFT ini, Bryan Lie–yang dikenal juga sebagai IMCMPLX–berperan dalam mendesain dan mengilustrasikan karakter utama di dalam artwork.

Ia mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya dalam membuat artwork NFT menggunakan smartphone. Menurutnya, hal tersebut membuat karya yang diciptakannya jadi lebih autentik.

"Bisa dibilang, saya ini nomaden dalam membuat karya karena suka lompat-lompat dari satu device ke device lainnya, dan Galaxy S22 Ultra 5G benar-benar memudahkan saya dalam menyelesaikan artwork NFT ini," kata Bryan.

"Karena semuanya sudah disimpan di dalam online drive, tinggal buka file-nya dari Galaxy S22 Ultra 5G dan saya bisa langsung lanjut mengerjakan dari smartphone tersebut. Proses ini juga yang saya refleksikan ke ide dan gambar dari artwork itu sendiri," ucap dia.

Lebih lanjut, Bryan mengaku banyak menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G untuk mengerjakan bagian finishing dan merasa sangat terbantu dengan adanya built-in S Pen untuk menyelesaikan artwork ini.

"Soalnya, feel menggambar dengan S Pen itu enak banget dan tombol yang ada di S Pen suka saya tekan-tekan sesuai irama untuk membantu saya lepas dari creative block," katanya.

"Bagi saya ini merupakan game changer untuk para kreator yang butuh edit dengan cepat atau mengerjakan karya secara on-the-go," ucap Brian menambahkan.

Randy DanisthaRandy Danistha berkarya di dunia NFT menggunakan smartphone Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: Samsung Indonesia)

2. Buat musik jadi makin asik dengan prosesor powerful hingga Dolby Atmos yang immersive

Pada kolaborasi ini, Randy Danistha bertugas dalam mengisi musik dan ambience pada karya. Di sini, Randy menggunakan aplikasi studio musik virtual untuk menciptakan irama yang pas, termasuk dalam melakukan mixing dan mastering.

Untungnya, dengan Galaxy S22 Ultra 5G yang sudah didukung chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang dibuat dengan fabrikasi 4nm terdepan dari Samsung, Randy bisa nyaman menggunakan aplikasi studio musik virtual yang `berat` tanpa lagging berkat performa maksimal yang terdepan di kelasnya.

Jadi, tak ada detail nada dan instrumen yang terlewat oleh Randy dalam menciptakan musik untuk karya NFT kolaboratif ini.

"Enaknya lagi pakai Galaxy S22 Ultra 5G untuk membuat musik adalah, smartphone ini punya Dolby Atmos yang bikin saya bisa mendengar suara dengan immersive dan lebih detail," ujar Randy.

"Fitur ini pun jadi lebih maksimal ketika saya connect Galaxy Buds dengan Galaxy S22 Ultra 5G, jadi saya bisa menikmati mendengar beat yang saya buat dengan lebih jelas layaknya sedang berada di studio. Selain itu, dengan all day battery 5.000 mAh, saya bisa pakai Galaxy S22 Ultra 5G seharian tanpa perlu repot mengecas perangkat di tengah keseruan saya membuat musik yang epic," tutur dia.

NFTIlustrasi membuat karya NFT menggunakan smartphone. (Foto: Istimewa)

3. Ciptakan NFT yang lebih realistis dengan Pro Grade Camera 108MP dan Nightography

Rifqi Ardiansyah, atau dikenal juga sebagai rubahitam, bertanggung jawab memberi sentuhan background, coloring, junk, dan animasi 3D pada karya NFT ini.

Dalam hal ini, Rifqi memilih untuk menggunakan latar waktu malam pada background artwork untuk memberikan kesan yang lebih dramatis.

Untuk membantunya merancang background yang realistis, Rifqi memaksimalkan Galaxy S22 Ultra 5G untuk menggali inspirasi dan ide dengan menangkap momen-momen menarik di sekitarnya.

"Karena Galaxy S22 Ultra 5G sudah dilengkapi dengan Pro Grade Camera 108MP, saya bisa mendapatkan foto dan video dengan resolusi terbaik secara instan," kata Rifqi.

"Apalagi, dengan kemampuan Nightography, Galaxy S22 Ultra 5G bikin saya makin leluasa dalam memotret dan merekam saat malam hari dengan hasil yang lebih cerah dan detail, jadi saya bisa lebih kreatif dan eksploratif dalam mengabadikan momen atau pemandangan di sekitar. Kualitas foto terbaik yang saya dapat ini pun jadi referensi yang nyata dan berharga untuk menyusun moodboard yang membuat karya NFT ini jadi makin autentik," ucap dia.

Galaxy S22 UltraSamsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: dok. Samsung)

Ajak kreator NFT untuk coba hal baru dan berbeda dalam berkarya dengan smartphone

Bagi ketiga artis ini, smartphone seperti Galaxy S22 Ultra 5G dapat membuka jalan baru bagi para kreator dalam berkarya, termasuk dalam membuat kreasi NFT.

Hal ini karena kemampuan Galaxy S22 Ultra 5G dalam menjalankan aplikasi desain penuh fungsi dengan lancar, bentuknya yang compact untuk membantu kreator mengerjakan karyanya di mana saja dan kapan saja, hingga kapabilitas S Pen dan kamera dalam menjangkau detail-detail kecil dari tiap karya yang dibuat.

"NFT adalah teknologi baru, jadi di sini kita semua bisa coba hal-hal baru dan beda setiap saat. Di dunia yang baru ini juga, tidak ada batasan akan kreativitas dari artwork yang ingin disampaikan karena dari NFT ini sendiri kita bisa menemukan bentuk atau ide baru dari sebuah seni," tutur Bryan mewakili dua artis lainnya

"Maka dari itu, kreativitas para kreator bisa terus berkembang seiring dengan potensi kemajuan dari teknologi NFT ini sendiri. Seiring dengan komunitas NFT di Indonesia yang sedang growing, ini bisa jadi momentum bagi kita untuk terus build creation yang lebih real, apalagi dengan adanya teknologi inovatif dari Galaxy S22 Ultra 5G yang didukung dengan S Pen dapat membantu kita berkarya dengan lebih mudah dan praktis," ujar Bryan.

Kreasi NFT hasil kolaborasi Bryan Lie, Randy Danistha, Rifqi Ardiansyah, dan Samsung Electronics Indonesia dalam exhibition yang diselenggarakan di Paskal 23 Bandung pada 18-22 Mei 2022 dan Pondok Indah Mall pada 25-29 Mei 2022.

Untuk lebih mengetahui lebih lengkap tentang kolaborasi Samsung dengan ketika artis, kamu dapat mengunjungi microsite samsung.com/id/nft. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...