News

Dirut Pertamina Nicke Widyawati Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Dirut Pertamina Nicke Widyawati Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati. (Foto: Instagram/nicke_widyawati)

Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, kembali masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia (di luar Amerika Serikat) tahun 2021 versi majalah bisnis global, Fortune. Namanya berada bersama jajaran CEO global termasuk CEO GlaxoSmithKline, Emma Walmsley dan CEO Ping An Group, Jessica Tan.

Masuknya Nicke dalam daftar wanita paling berpengaruh dunia, lantaran sosoknya dinilai memiliki kemampuan untuk melewati tantangan triple shock, yakni jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar dan tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina selama pandemi tahun 2020.

Ketiga faktor tersebut, dinilai majalah Fortune telah menurunkan pendapatan dan laba Pertamina, namun di bawah kepemimpinan Nicke, Pertamina menunjukkan kondisi lebih baik dengan mencapai target produksi Migas pada paruh pertama tahun 2021.

Selain itu, Nicke juga diakui majalah Fortune terus mendukung transisi energi Indonesia dengan membangun portofolio Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk memberikan energi bersih bagi negara di masa depan.

"Pengakuan ini merupakan bukti nyata besarnya kepercayaan internasional terhadap Pertamina yang terus bergerak mengantisipasi transisi energi," kata Nicke Widyawati, dikutip Kureta pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Nicke WidyawatiDirektur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati. (Foto: Instagram/nicke_widyawati)

Dalam daftar tersebut, nama Nicke Widyawati berada di urutan ke-17. Sementara di bawahnya ada President Global Foods & Refreshment Unilever, Hanneke Faber di urutan ke-23, CEO Norsk Hydro, Hilde Merete Aasheim di posisi 24, CEO P&G, Alexandra Keith di posisi ke-37, dan CEO OCBC NISP, Helen Wong di posisi ke-41.

Di posisi paling puncak, nama CEO GlaxoSmithKline Emma Walmsley di posisi pertama, CEO Ping An Group Jessica Tan di posisi kedua, CEO Banco Santander Ana Botin di posisi ketiga, dan CEO Macquarie Group Ltd Shemara R Wikramanayake di posisi keempat.

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, nama Nicke juga masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh dunia versi majalah Fortune dan berada di urutan ke-16.

Sementara pada Desember tahun yang sama, Nicke Widyawati juga masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh versi majalah Forbes di urutan ke-25. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Eno Dimedjo - 16 October 2021 | 23:04 WIB
Komisaris Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) milik PT. Mon Jambee, H. Subarni, menjamin tidak akan ada permainan harga beli sawit.
News
Eno Dimedjo - 16 October 2021 | 20:29 WIB
Musisi Fariz RM menyapa penggemarnya di tengah pandemi Covid-19 lewat konser musik bertajuk Sound From Dehills an Intimate Concert of Fariz RM.
News
Eno Dimedjo - 16 October 2021 | 20:14 WIB
Akmal Ibrahim terlihat semringah sepanjang kegiatan peresmian PKS di Abdya.
News
Fernandho Pasaribu - 16 October 2021 | 19:46 WIB
Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan, Anis Byarwati menyambut baik instruksi Presiden Jokowi menindak tegas perusahaan pinjol.
News
Fernandho Pasaribu - 16 October 2021 | 19:12 WIB
Anggota Komisi I DPR, Sukamta meminta OJK menghapus pemberian akses IMEI kepada perusahaan pinjaman online.
News
Morteza Syariati Albanna - 16 October 2021 | 17:55 WIB
Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tenaga non PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), akan disanksi apabila tak mau divaksin.
News
Fahzian Aldevan - 16 October 2021 | 17:48 WIB
Mantan ajudan Terdakwa Nurdin Abdullah mengaku uang 200.000 dolar Singapura dari kontraktor diterima langsung Nurdin
News
Morteza Syariati Albanna - 16 October 2021 | 17:43 WIB
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ternyata memiliki total kekayaan Rp38,4 miliar.
News
Eno Dimedjo - 16 October 2021 | 14:41 WIB
Sebanyak sebelas siswa MTs Harapan Baru ditemukan dalam keadaan tewas usai hanyut di Sungai Cileueur Leuwi.
News
Morteza Syariati Albanna - 16 October 2021 | 14:29 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin bersama lima orang lainnya
Loading ...