News

Ditunjuk Jadi Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa, Yudo Margono: Masih Diajukan

Ditunjuk Jadi Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa, Yudo Margono: Masih Diajukan
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. (foto: Kureta/istimewa).

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono mengaku bahwa dirinya ditunjuk sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

Saya enggak mau berandai-andai, tentunya program-program setelah fit and proper test. Setelah itu kita sampaikan ke teman-teman media

Yudo Margono menyebut, pengajuan itu sudah disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR).

"Kita tunggu saja, masih diajukan kemarin, katanya diajukan kata Mensesneg, kita tunggu saja tahap berikutnya," kata Yudo kepada wartawan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Kamis, 24 November 2022.

Dia juga mengaku tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi fit and proper test di DPR RI mendatang.

"Fit and proper test di Komisi I kita akan siapkan juga," ujarnya.

Kendati demikian, ia tak mau terlalu berandai-andai terkait penunjukan dirinya sebagai calon Panglima TNI.

"Saya enggak mau berandai-andai, tentunya program-program setelah fit and proper test. Setelah itu kita sampaikan ke teman-teman media," ucap Yudo Margono.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dikabarkan menjadi salah satu nama terkuat menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Prakasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Bahkan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut telah memutuskan untuk menunjuk orang nomor satu di matra yang memiliki semboyan "Jalesveva Jayamahe" itu untuk menjadi panglima TNI berikutnya.

Kemudian, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dijadwalkan bakal mengumumkan calon Panglima TNI pengganti Andika Perkasa pada Senin, 28 November 2022.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengungkapkan bahwa nama calon pengganti Jenderal Andika tertuang dalam Surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dikirim Sekretariat Negara kepada DPR RI.

"Surat tersebut akan disampaikan oleh Mensesneg kepada Ketua DPR, direncanakan Senin, 28 November sesuai dengan aturan yang ada," kata Indra Iskandar seperti dikutip, Kamis, 24 November 2022.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...