News

Dua Desa di Kabupaten OKU Sumatera Selatan Dilanda Banjir

Dua Desa di Kabupaten OKU Sumatera Selatan Dilanda Banjir
Ratusan rumah warga di Kecamatan Lubuk Batang diterjang banjir, Kamis (11/11/2021). foto: ANTARA/Edo Purmana

Jakarta - Dua desa di Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) dilanda bencana banjir akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi sejak Rabu, 10 November 2021 pukul 22.00 WIB. 

"Ada dua desa di Lubuk Batang yang kebanjiran yaitu Desa Gunung Meraksa dan Bandar Agung," kata Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Gunalfi, di Baturaja, Kamis, 11 November 2021, dikutip dari Antara. 

Dia menjelaskan, curah hujan yang berlangsung lama tadi malam menimbulkan bencana banjir hingga merendam ratusan rumah penduduk di wilayah itu. 

Baca jugaBerang Diterpa Banjir, Bobby Nasution Copot Kepala UPT Dinas PU Medan

"Hingga pagi ini tercatat sebanyak 250 rumah warga di Desa Gunung Meraksa, dan 40 rumah di Bandar Agung yang diterjang banjir," ujarnya pula. 

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata dia, akibat banjir ini, ratusan kepala keluarga terpaksa dievakuasi ke dataran tinggi karena permukiman penduduk dikepung banjir dengan ketinggian air antara 1-1,5 meter. 

Dalam evakuasi korban, pihaknya mengerahkan puluhan personel menggunakan perahu karet untuk diangkut ke tempat pengungsian agar tidak menimbulkan korban jiwa. 

Baca jugaRuhut Cela Anies: Gabenar Nongol Dong Banjir di Mana-mana

"Untuk kondisi saat ini air mulai surut, dan sebagian besar warga sudah kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan sisa banjir," katanya.

Hanya saja, meskipun banjir sudah mulai surut, warga tetap diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi bencana susulan karena diprediksi curah hujan tinggi masih terjadi di Kabupaten OKU selama beberapa hari ke depan. 

Terkait hal itu BPBD OKU juga telah mendirikan posko penanggulangan bencana di Kecamatan Lubuk Batang, agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin. "Kami juga mengerahkan personel untuk melakukan patroli di titik rawan banjir di dua desa tersebut," ujarnya pula. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 25 May 2022 | 22:44 WIB
Saur Tumiur Situmorang mengatakan, tambang sering sekali menimbulkan hal-hal baru terkhusus pada perempuan.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:47 WIB
Pria lanjut usia (lansia), Juned Nasution (60) yang hanyut disela minum tuak di pinggir Sungai Denai, Kota Medan, ditemukan tewas
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:43 WIB
Cuaca buruk diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Kamis, 26 Mei 2022.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:41 WIB
Seorang ayah di Sulbar kehilangan uang puluhan juta akibat ditipu penelpon gelap
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:35 WIB
DPD Gerindra Sulbar sudah mulai panaskan mesin politik Pilgub 2024.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:31 WIB
Dugaan penghinaan Bendera Merah Putih di Majene, praktisi hukum menilai terkesan dibiarkan polisi.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 21:14 WIB
Strategi komunikasi yang dirancang oleh Carl Byoir Indonesia sukses mengantarkan Samsung meraih penghargaan The Best PR Campaign Award.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:39 WIB
Gita Bhebhita memiliki latar kepribadian yang tak jauh berbeda dengan karakter Sarma di film Ngeri Ngeri Sedap.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:11 WIB
Selain hampir 100 persen syuting di wilayah Danau Toba, film Ngeri Ngeri Sedap juga mengoptimalkan lebih dari 100 orang bintang dan kru lokal.
News
Fernandho Pasaribu - 25 May 2022 | 19:10 WIB
Anggota DPR menilai pemerintah perlu memberikan kompensasi kepada peternak sebagai salah satu upaya dalam rangka menanggulangi serangan wabah PMK.
Loading ...