News

Efek Rumah Kaca Bawakan Lagu Sapa Pra Bencana di Album Detik Waktu #2 Candra Darusman

Efek Rumah Kaca Bawakan Lagu Sapa Pra Bencana di Album Detik Waktu #2 Candra Darusman
Artwork album Detik Waktu #2 karya Candra Darusman. (Foto: demajors)

Jakarta - Grup band Efek Rumah Kaca didaulat membawakan lagu Sapa Pra Bencana karya musikus senior Candra Darusman, dengan lirik yang ditulis oleh Joeliardi Soenendar. Tembang ini, merupakan lagu utama di album kompilasi Detik Waktu #2.

Lagu Sapa Pra Bencana pertama kali direkam oleh grup vokal Chaseiro di album Pemuda, pada tahun 1980 silam. Tembang ini menjadi single kelima sebagai penanda perilisan album Detik Waktu #2: Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman.

Album tersebut berisi 12 karya cipta Candra Darusman dan merupakan sebuah `sekuel` dari album bertajuk Detik Waktu: Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman yang sebelumnya dirilis pada tahun 2018 dan berhasil meraih dua penghargaan di AMI Awards sebagai Album Terbaik Terbaik dan Album Pop Terbaik.

Single Sapa Pra Bencana versi Efek Rumah Kaca dan lagu-lagu dalam album kompilasi Detik Waktu #2 dirilis di bawah naungan label independen, demajors.

Efek Rumah KacaGrup band Efek Rumah Kaca (ERK). (Foto: demajors)

Rekam ulang lagu Sapa Pra Bencana yang dilakukan dan diaransemen oleh Efek Rumah Kaca, menuai pujian dari Candra Darusman. Menurutnya, band yang digawangi oleh Cholil Mahmud itu mampu menjaga nyawa tembang tersebut.

"Sebuah penyajian yang mengejutkan sekaligus menyenangkan dari Efek Rumah Kaca," kata Candra Darusman, dikutip Kureta pada Kamis, 23 Juni 2022.

"Lagu Sapa Pra Bencana ini aslinya direkam dengan balutan irama latin dan sudah menjadi ‘pakem’ yang sulit untuk diubah. Namun, lagu ini berhasil mendapat nyawa dan warna aransemen baru yang memberi kedalaman makna baru dan berhasil membuat syair lagu yang bermuatan kritik sosial ini tetap berbicara," ujar sang maestro. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...