News

Film Kebudayaan Napas Jiwa Diputar 8 Hari Berturut di Gunongan Banda Aceh

Film Kebudayaan Napas Jiwa Diputar 8 Hari Berturut di Gunongan Banda Aceh
Nonton bareng film Napas Jiwa tentang kebudayaan, di Gunongan, Banda Aceh, Jumat, 19 November 2021. (Foto: Dok BPCB Aceh)

Banda Aceh - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Aceh bersama Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Aceh mengelar nonton bareng film Napas Jiwa tentang kebudayaan, di Gunongan, Banda Aceh, pada Jumat, 19 November 2021.

Acara nonton film Napas Jiwa karya Atilah Soeryadjaja yang disutradarai oleh Jay Subyakto merupakan rangkaian pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan dibuka langsung oleh Presiden RI H. Ir. Joko Widodo.

Kepala BPCB Provinsi Aceh, Drs. Nurmatias mengatakan, nonton bersama untuk memeriahkan pelaksanaan PKN tahun ini dan akan berlangsung sampai 26 November 2021.

Iklan Kabupaten AbdyaAdvertising

"Nonton bareng berlangsung selama delapan hari berturut-turut di lokasi yang berbeda di Kota Banda Aceh," kata Nurmatias dalam keterangannya di Banda Aceh, Sabtu, 20 November 2021.

"Pelaksanaan pemutaran film ini kami laksanakan dengan menggandeng komunitas-komunitas kreatif di Aceh," ujar dia.

Nonton bareng film Napas JiwaNonton bareng film Napas Jiwa tentang kebudayaan, di Gunongan, Banda Aceh, Jumat, 19 November 2021. (Foto: Dok BPCB Aceh)

Ia menambahkan, PKN tahun ini digelar untuk memberi ruang interaksi inklusif bagi semua prakarsa publik dalam memajukan budaya.

"Ini adalah sebuah festival dengan misi mengolah inspirasi cemerlang kearifan lokal untuk menjawab tantangan kekinian," ujarnya.

Peserta nonton bareng yang hadir sambung Nurmatias merupakan masyarakat kota Banda Aceh yaitu semua lapisan masyarakat mulai dari siswa hingga masyarakat umum serta komunitas-komunitas kreatif yang ada di Kota Banda Aceh.

"Para peserta yang hadir diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Karena lagi pandemi, penontonnya terbatas, tidak kita buka untuk umum," katanya.

Bagi warga aceh yang ingin menonton film- film yang BPCB putar dalam rangkaian nonton bareng selama delapan hari, jangan khawatir, warga bisa mengakses di INDONESIANA.tv dan PKN.id.

"Semoga tontonan film-film kebudayaan bisa menjadi magnet buat anak muda masa kini. Sehingga generasi muda semakin cinta akan bebudayaan leluhur kita. Baik seni budaya dan cagar budaya," kata dia. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...