News

Gegara Ini, Eks Kombatan GAM Ancam Duduki Gedung DPRK dan Pemerintah Abdya

Gegara Ini, Eks Kombatan GAM Ancam Duduki Gedung DPRK dan Pemerintah Abdya
Eks Kombatan GAM Abdya saat berada di Gedung DPRK setempat, Jumat, 23 September 2022. (Foto: Opsi/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Puluhan Mantan Kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh melakukan audiensi dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) di ruang Komisi A, Jumat, 23 September 2022.

Kami minta keseriusan dan jangan sampai salahkan kami jika nanti kami bersikap. Kami sudah muak dengan janji-janji

Kedatangan mantan kombatan GAM ini disambut oleh Anggota DPRK dari Partai Aceh, Hendra Fadli, Sadirman, dan Yusran Adek dari Partai Nasdem.

Anggota Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah 013 Blangpidie Mustiari atau akrab disapa Muh Sudoeng, mengatakan bahwa kehadiran mereka untuk beraudiensi tentang janji pemerintah terhadap mantan kombatan terkait lahan.

"Kita menagih janji pemerintah terkait lahan untuk mantan kombatan, keluarga syuhada eks kombatan, inong balee, dan korban Konflik Aceh lainnya utamanya di Abdya," kata Mustiari usai audiensi di DPRK.

Dia berujar, mereka tidak ingin lagi hanya diberikan janji-janji manis saja. Pihaknya mengaku terlena dengan janji tersebut namun hingga saat ini tidak pernah ditepati.

"Kami menagih janji pemerintah. Kami tidak bisa bersabar lagi. Ini sudah kelewatan. Tidak menutup kemungkinan kami akan menduduki kantor DPRK dan pemerintah Abdya jika ini tidak terealisasi," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah tidak serius terkait lahan untuk eks kombatan. Buktinya, banyak lahan tidur yang saat ini terbengkalai, namun tidak ada upaya untuk dialihkan kepada masyarakat juga untuk kombatan.

"Banyak lahan yang terbengkalai di Abdya, tapi tidak ada upaya dari pemerintah untuk mengurus agar bisa digarap oleh masyarakat. Ini bukti pemerintah tidak serius," ucap dia.

Sementara terkait Lahan Eks PT.CA di Kecamatan Babahrot yang dijanjikan pemerintah, pihaknya berharap pemerintah mengkaji ulang untuk memberikannya kepada eks kombatan, sebab saat ini banyak warga yang sudah menggarapnya walau belum ada surat.

"Kalau lahan PT.CA diberikan untuk kami, kami bukan menolak, tapi kami minta dulu pemerintah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Kami tidak mau bentrok dengan masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan eks kombatan sudah melakukan survei dan ada lahan tidur di Kreung Sapi di Kecamatan Babahrot seluas 2.000 Hektare yang terbengkalai. 

Pihaknya meminta pemerintah untuk melakukan tinjauan dan mau mengurus segala keperluan agar bisa di garap oleh eks kombatan.

"Kami minta unsur pemerintah untuk meninjau lokasi ini. Kita sama-sama mencari solusi agar tanah ini bisa digarap oleh eks kombatan. Kami minta keseriusan dan jangan sampai salahkan kami jika nanti kami bersikap. Kami sudah muak dengan janji-janji," katanya.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...