News

Gugatan Spencer Elden ke Grup Band Nirvana Ditolak Hakim

Gugatan Spencer Elden ke Grup Band Nirvana Ditolak Hakim
Sampul album Nevermind milik Nirvana. (Foto: Opsi/Istimewa)

Jakarta - Gugatan hukum dari Spencer Elden, bayi di sampul album Nevermind milik grup band grunge Nirvana, resmi ditolak oleh hakim federal di Los Angeles, Amerika Serikat.

Mengutip Opsi ID, hakim secara resmi menolak gugatan Spencer yang menuding Nirvana telah mengeksploitasinya secara seksual dengan meletakkan foto dirinya sebagai bayi telanjang berusia empat bulan di sampul album milik mereka.

Pada Senin, 3 Januari 2022 waktu setempat, Hakim Distrik AS Fernando Olguin resmi menolak gugatan setelah penggugat Spencer Elden lantaran melewatkan tenggat waktu untuk menanggapi mosi para terdakwa untuk membatalkan kasus tersebut.

Hakim Olguin kemudian memberi Elden waktu hingga 13 Januari untuk mengajukan aduan yang diubah guna mengatasi dugaan masalah yang diidentifikasi para terdakwa dalam kasusnya.

Sementara seorang pengacara untuk Elden tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Selasa, 4 Januari 2022 waktu setempat.

Dalam gugatannya yang diajukan Agustus lalu, Elden, yang saat itu berusia 30 tahun, mengklaim bahwa dia telah menderita "kerusakan seumur hidup" dari sampul album, yang menggambarkan dia berenang telanjang menuju uang kertas dolar yang ditusuk dengan kail ikan.

NirvanaSampul album Nevermind milik Nirvana. (Foto: Opsi/Istimewa)

Dalam gugatan itu, Elden meminta ganti rugi setidaknya US$ 150 ribu dari masing-masing terdakwa, termasuk Universal Music Group, drummer Nirvana dan vokalis Foo Fighters Dave Grohl, bassis Nirvana Krist Novoselic, dan Courtney Love, janda vokalis Nirvana Kurt Cobain.

Album Nevermind sendiri merupakan salah satu album terlaris milik Nirvana yang pernah ada, dengan penjualan mencapai 30 juta di seluruh dunia.

Album ini menampilkan lagu ikonis Nirvana bertajuk Smells Like Teen Spirit yang membawa budaya grunge tersebar ke seluruh dunia.

Dalam mencari pemberhentian kasus Elden, para terdakwa mengatakan klaim Elden yang menyatakan foto tersebut merupakan pornografi anak, adalah "bukan masalah serius" di situasi tersebut.

Para terdakwa juga mengatakan Elden tidak dapat mengklaim sebagai korban setelah menghabiskan tiga dekade "mendapat keuntungan dari titelnya sebagai `Bayi Nirvana`."

Bahkan, Elden sebagai orang dewasa juga telah membuat ulang foto tersebut, termasuk dengan tato "Nevermind" di dadanya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 25 May 2022 | 22:44 WIB
Saur Tumiur Situmorang mengatakan, tambang sering sekali menimbulkan hal-hal baru terkhusus pada perempuan.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:47 WIB
Pria lanjut usia (lansia), Juned Nasution (60) yang hanyut disela minum tuak di pinggir Sungai Denai, Kota Medan, ditemukan tewas
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:43 WIB
Cuaca buruk diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Kamis, 26 Mei 2022.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:41 WIB
Seorang ayah di Sulbar kehilangan uang puluhan juta akibat ditipu penelpon gelap
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:35 WIB
DPD Gerindra Sulbar sudah mulai panaskan mesin politik Pilgub 2024.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:31 WIB
Dugaan penghinaan Bendera Merah Putih di Majene, praktisi hukum menilai terkesan dibiarkan polisi.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 21:14 WIB
Strategi komunikasi yang dirancang oleh Carl Byoir Indonesia sukses mengantarkan Samsung meraih penghargaan The Best PR Campaign Award.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:39 WIB
Gita Bhebhita memiliki latar kepribadian yang tak jauh berbeda dengan karakter Sarma di film Ngeri Ngeri Sedap.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:11 WIB
Selain hampir 100 persen syuting di wilayah Danau Toba, film Ngeri Ngeri Sedap juga mengoptimalkan lebih dari 100 orang bintang dan kru lokal.
News
Fernandho Pasaribu - 25 May 2022 | 19:10 WIB
Anggota DPR menilai pemerintah perlu memberikan kompensasi kepada peternak sebagai salah satu upaya dalam rangka menanggulangi serangan wabah PMK.
Loading ...