News

Hendropriyono: Kapitalis Ikut Kendalikan Capres, Mau Bego atau Pelawak Gak Penting Bagi Amerika

Hendropriyono: Kapitalis Ikut Kendalikan Capres, Mau Bego atau Pelawak Gak Penting Bagi Amerika
Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono. (foto: tangkapan layar/ YouTube SCTV).

Jakarta - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M. Hendropriyono menyatakan para pemilik modal atau kaum kapitalis, berperan besar menentukan siapa calon presiden (capres), bahkan sampai di tingkat global.

Hendropriyono berpendapat, di Amerika Serikat (AS) sendiri, meskipun presidennya adalah seorang pelawak, orang pikun, atau sangat bodoh sekalipun, negeri tetap berjalan sebagaimana mestinya, karena semuanya memang sudah tersistem.

"Yang dimaksud Amerika itu siapa, kita mesti tanya, Amerika itu mau presidennya pelawak, preman, mau presidennya sudah pikun, tapi negeri tetap jalan karena yang di belakang dia adalah sistem," kata Hendropriyono, Kureta kutip dari kanal YouTube SCTV program Point of View, Rabu, 23 November 2022. 

Baca juga: Hendropriyono: Pak Jokowi Kalau Diajak Diskusi Soal Ideologi, Capek Nengok

Menurut dia, yang mempersiapkan sistem itu semua adalah kaum pemilik modal.

"Jadi, bego-bego tidak apa-apa, sistemnya sudah jalan, dan sistem itu yang men-set up kaum kapitalis, orang-orang kaya di situ," tuturnya.

Hendro menuturkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah selain berbicara dengan politisi Amerika, sang capres harus juga menemui kaum kapitalis. 

Sebab, tetap saja nantinya si pemilik modal memiliki andil dalam berjalannya sistem di suatu negara.

"Jadi kalau mau omong sama politisi Amerika, kamu harus juga omong sama taipan-taipan para kapitalis, bohir-bohir yang menentukan," katanya.

Jika seorang calon pemimpin tidak berbicara terlebih dahulu dengan kaum kapitalis dalam mengambil kebijakan internasional, pasti ada imbasnya. Menurut dia, bisa saja ada penjegalan di tengah jalan.  

"Jadi kalau kita mengambil langkah internasional, kamu kalau jadi presiden nanti, kamu ambil langkah internasional, omong dulu sama bohir-bohir itu kira-kira mau ke mana, jangan sampai kita dijegal," tutur dia.

Baca juga: Hendropriyono Cerita Rapat Operasi Penangkapan Osama: CIA yang Bego Juga Banyak

Penjegalan ataupun gangguan di pemerintahan sampai ketertiban umum, menurut dia, mudah saja dilakukan dengan cara menyebar uang. 

"Yang kamu tanya itu 2024. Kalau dia (bohir) ndak suka, diganggu sudah pasti. Gangguannya itu kan gampang, sebar saja duit 1 miliar dolar AS, seluruh Indonesia sudah bergerak. Kan sudah mata duitan kita sekarang," kata Hendropriyono memungkasi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...