News

Irjen Ferdy Sambo Akui Rancang Pembunuhan Brigadir Yosua

Irjen Ferdy Sambo Akui Rancang Pembunuhan Brigadir Yosua
Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo.(Foto:Kureta/Istimewa)

Jakarta - Tersangka Irjen Ferdy Sambo mengakui telah melakukan perencanaan pembunuhan terhadap Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) di rumah dinasnya, di Komplek Polri, Duren Tiga, Kalibata, Jakarta Selatan, pada Jumat 8 Juli 2022.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi berkata, pemantik Sambo melakukan pembunuhan berencana ini karena Brigadir J melakukan pelecehan seksual terhadap sang istri Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah.

Maka itu, menurut Andi, Irjen Sambo sangat marah dan emosi kepada Brigadir Yosua.

"Dalam keterangannya, tersangka FS mengatakan bahwa dirinya menjadi marah dan emosi setelah mendapat laporan dari istrinya PC yang telah mengalami tindakan yang melukai harkat dan martabat keluarga yang terjadi di Magelang, yang dilakukan oleh almarhum Yosua," kata Brigjen Andi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis malam, 11 Agustus 2022.

Brigjen Andi bilang, selanjutnya Irjen Sambo pun memanggil dua anak buahnya, yaitu Brigadir Ricky Rizal (RR) dan Bharada Richard Eliezer alias Bharada E untuk merancang strategi menghabisi nyawa Brigadir Yosua.

"Oleh karena itu kemudian tersangka FS memanggil tersangka RR dan tersangka RE untuk melakukan pembunuhan, untuk merencanakan pembunuhan terhadap almarhum Yosua," katanya.

Mengenai ketiadaan saksi pelecehan, Brigjen Andi enggan merespons. Dia hanya berkata, kesaksian soal kasus pembunuhan berencana yang didalangi Sambo tersebut sudah tertuang di dalam berita acara pemerisaan (BAP) hari ini.

Brigjen Andi berkata, pemeriksaan perdana Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan berencana ini dilakukan di Mako Brimob selama tujuh jam.

"Pemeriksaan sudah dilakukan sejak pukul 11.00 WIB tadi siang dan selesai pukul 18.00 WIB," kata dia.

Di sisi bersamaan, tim khusus juga melakukan pemeriksaan tambahan terhadap tiga tersangka lainnya, yakbi Bharada E, Brigadir RR, dan Kuat Ma`ruf.

"Bertempat di Bareskrim," tutur dia.

Irjen Ferdy Sambo sejauh ini disoroti menjadi dalang pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, karena disebut memerintahkan Bharada E untuk menembak Brigadir J menggunakan pistol milik Brigadir RR alias Ricky Rizal.

Sambo pun dijerat dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati.

"Pasal 340, 338 juncto pasal 55-56 KUHP dengan ancaman maskimal hukuman mati, penjara seumur hidup, atau penjara selama-lamanya 20 tahun," kata Kabareskrim Komjen Agus Andrianto kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 9 Agustus 2022.

Tiga orang tersangka lainnya, selain Ferdy Sambo yakni Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Brigadir Ricky Rizal (RR), dan Kuat Ma`ruf, sopir Putri Candrawathi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...