News

Isu Reshuffle Rabu Pon 8 Desember Menguat, Ini 4 Calon Jaksa Agung Pengganti ST Burhanuddin

Isu Reshuffle Rabu Pon 8 Desember Menguat, Ini 4 Calon Jaksa Agung Pengganti ST Burhanuddin
Jaksa Agung Burhanuddin, melantik 30 Anggota Satuan Tugas Khusus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Umum (Satgassus P3TPU), Rabu, 2 Juni 2021. (Foto:Kureta/Kejaksaan Agung)

Jakarta - Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang. Salah satu nama yang disoroti bisa saja terkena reshuffle adalah Jaksa Agung ST Burhanuddin. Bahkan, sudah beredar sejumlah nama calon orang nomor satu di Korps Adhyaksa.

Peneliti Riset Politik - Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Wasisto Raharjo Jati mencatat, terdapat beberapa kinerja negatif dari Jaksa Agung ST Burhanuddin yang menjadi sorotan publik.

Utamanya, menyangkut berbagai pelanggaran etik yang dilakukan oleh Jaksa Agung periode 2019-2024 ini. Wasis pun menilai hingga kini tidak ada tindakan konkret ataupun keseriusan dari ST Burhanuddin dalam menyelesaikan kasus pelangggaran HAM berat.

Wasis menekankan, Presiden Joko Widodo memiliki hak prerogatif untuk mengganti ST Burhanuddin dengan sosok yang lebih berkapabilitas dalam menuntaskan kasus persoalan HAM berat.

"Tergantung dari sikap Presiden Jokowi, apakah mau konsentrasi pula membenahi masalah-masalah HAM di sisa pemerintahannya. Kalau iya, sebaiknya reshuffle," kata Wasis saat dihubungi Kureta, Kamis, 2 Desember 2021.

Sumber Kureta menyebutkan, setidaknya sudah ada empat nama calon Jaksa Agung, suksesor ST Burhanuddin. Keempatnya merupakan pejabat yang dikenal publik.

Berikut 4 tokoh calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin:

1. Mahfud Md

Mahfud MdMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. foto: Humas Kemenko Polhukam/pri.

Saat ini Mahfud Md menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI periode 2019-2024. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini memiliki peluang menjadi Jaksa Agung.

"Kalau saya lihat Mahfud Md sudah mumpuni kapabilitasnya sebagai penegak hukum pada institusi sebelumnya," ujar Wasis.

2. Chandra Hamzah

Pemilik nama lengkap Chandra Marta Hamzah adalah seorang pengacara, ahli hukum, dan mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peneliti politik PRP-BRIN pun melihat sosok Chandra sudah layak menjadi Jaksa Agung karena kapabilitasnya sebagai penegak hukum pada institusi sebelumnya terbilang tidak buruk.

3. Yasonna Laoly

Yasonna LaolyMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. (foto: Bisnis - Triawanda Tirta Aditya).

Saat ini, Yasonna Hamonangan Laoly masih menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) periode 2019-2024. Sumber Opsi menyebut, politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini berpeluang menjadi Jaksa Agung.

Namun, Peneliti politik PRP-BRIN Wasisto melihat sosok tersebut sebaiknya tidak digeser ke posisi Jaksa Agung, mengingat citranya yang tidak mentereng sebagai Menkumham.

4. Setia Untung Arimuladi

Setia Untung Arimuladi adalah Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia sejak 29 April 2020. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Badan Diklat Kejaksaan Republik Indonesia sejak 15 Nopember 2017 hingga 29 April 2020.

"Saya kira sosok Yasonna dan Setia Untung ini belum terlalu menonjol di mata publik dibanding Mahfud Md dan Chandra Hamzah," kata Wasis.

Kureta sudah berupaya menghubungi Ketua Komisi Kejaksaan RI Barita Simanjutak, mengenai kinerja Kejaksaan di bawah kepemimpinan ST Burhanuddin. Namun, hingga berita terpublikasi, Barita belum merespons. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...