News

Janji Bupati Simalungun Membangun Jalan Pertanian kepada Petani Jeruk

Janji Bupati Simalungun Membangun Jalan Pertanian kepada Petani Jeruk
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat bertemu petani jeruk, Selasa, 24 Mei 2022. (Foto: Facebook)

Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan janjinya akan membangun jalan pertanian kepada petani jeruk di Kecamatan Purba, Selasa, 24 Mei 2022. 

Hanya saja dia meminta syarat, yakni jeruk yang akan dijual ke luar Kabupaten Simalungun menggunakan merek label brand Simaloengoen.

Disampaikan Bupati Radiapoh saat melakukan silaturahmi dengan para petani jeruk yang juga dihadiri petani lainnya.

Birma Saragih selaku ketua panitia pertemuan menyampaikan, kegiatan silaturahmi tersebut tindak lanjut dari program pengiriman jeruk dengan brand Simaloengoen, dan produk pertanian lainnya.

Birma berharap, pertemuan petani dan bupati dapat memberikan dampak bagi para petani dalam meningkatkan ekonominya. 

"Dan kami juga berharap para petani, pedagang, dan pengusaha dapat menyampaikan apa yang menjadi persoalan," katanya.

Bupati Radiapoh menyampaikan, wilayah Kabupaten Simalungun sebagian merupakan daerah penghasil hortikultura yang dapat menjadi modal ketahanan pangan dan ketahanan harga.

Kami harus hadir dalam memberikan kemudahan bagi para petani

"Ke depannya saya akan prioritaskan pembangunan jalan untuk pertanian. Namun harus ada kerja sama kita. Bagaimana ini bisa terlaksana. Ketika bapak ibu petani dan pedagang serta pengusaha lebih memilih untuk mengirim jeruk dengan label brand Simaloengoen, maka akan ada peningkatan PAD yang kita dapatkan. Ada alasan saya menyampaikan kepada DPRD untuk memberikan prioritas pembangunan di wilayah kita ini," tutur Radiapoh.

Dia menginginkan jeruk Simalungun menguasai pasar-pasar di Indonesia. Seperti di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

Baca juga:

Bupati Simalungun Larang Ternak Babi, Kerbau, dan Sapi Masuk ke Daerahnya

"Harus ada edukasi dan inovasi dari dinas terkait, seperti Dinas Pertanian dan Perindustrian dan Perdagangan dalam menangani ini. Kami lihat juga bahwa jeruk yang dikemas mudah terjual dan cepat laku dibandingkan dengan menggunakan keranjang," ungkapnya.

Bupati Radiapoh juga meminta kepada para petani agar mampu menjaga kualitas dan paham teknologi serta kontinu menjaga ketersediaan barang agar dapat menjaga ketahanan harga.

"Ketika kita sudah memiliki pelanggan, dan ketika mereka meminta kita punya ketersediaan barang yang diminta, juga harus dibuat datanya tentang kondisi pertanian kita, mulai kapan melaksanakan pembibitan penanaman dan masa panen agar kita dapat menjaga ketahanan harganya, dan kita mampu menguasai hilir sampai ke hulunya," katanya.

Dia meyakinkan kehadiran pemerintahan saat ini harus bisa memberikan solusi kepada para petani, terutama terhadap apa yang menjadi persoalan di tengah-tengah petani. 

"Kami harus hadir dalam memberikan kemudahan bagi para petani, pedagang, dan pengusaha jeruk serta hasil pertanian lainnya," katanya. []


Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...