News

Jokowi Dedikasikan Penghargaan Global Citizen Award untuk Rakyat Indonesia

Jokowi Dedikasikan Penghargaan Global Citizen Award untuk Rakyat Indonesia
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mewakili Presiden Jokowi untuk menerima penghargaan Global Citizen Award. (Foto: Kemenlu)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sukses meraih penghargaan Global Citizen Award dari lembaga pemikiran Amerika Serikat, Atlantic Council, pada Senin, 19 September 2022 waktu setempat.

Penganugerahan Global Citizen Award sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Atlantic Council di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York.

Penghargaan diberikan kepada para tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi nyata bagi dunia.

Sejumlah tokoh dunia yang pernah mendapat penghargaan tersebut di antaranya adalah mendiang Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, PM Kanada Justin Trudeau, mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan PM Belanda Mark Rutte.

Presiden Jokowi memperoleh penghargaan atas kepemimpinannya sebagai Presiden G20, upayanya dalam menjembatani dampak perang di Ukraina, dan mendapat dukungan luas untuk memajukan pemenuhan hak asasi manusia, demokrasi, serta arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

Retno MarsudiMenteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mewakili Presiden Jokowi untuk menerima penghargaan Global Citizen Award. (Foto: Kemenlu)

Lewat keterangan tertulisnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mewakili Presiden RI untuk menerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa penghargaan Global Citizen Award diraih Jokowi atas kepemimpinannya di panggung dunia.

"Presiden Joko Widodo adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin proyeksikan kepada dunia, yaitu paradigma kolaborasi, pembangun jembatan (bridge-builder), dan menjadi bagian dari solusi," kata Retno Marsudi, dikutip Kureta pada Rabu, 21 September 2022.

Sementara dalam sambutan yang ditayangkan melalui pesan video dalam acara penganugerahan di New York, Presiden Jokowi menyebut bahwa penghargaan itu ia dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...