News

Jokowi Ungkap Ciri-ciri Pemimpin Selepas Dirinya Lengser

Jokowi Ungkap Ciri-ciri Pemimpin Selepas Dirinya Lengser
Jokowi di GBK hadiri silaturahmi relawan, Sabtu, 26 November 2022. (Foto: Tangkapan Layar)

Jakarta - Presiden Jokowi menghadiri silaturahmi akbar relawan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Sabtu, 26 November 2022. Jokowi mengajak pendukungnya hati-hati memilih pemimpin ke depan.

Sebelum menyampaikan pidato politiknya, Jokowi mengajak relawan berdoa untuk para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Presiden Jokowi mengklaim bahwa saat ini Indonesia sudah di jalur yang tepat. Delapan tahun Indonesia dikelola dengan membangun infrastruktur.

Kemudian dari sisi ekonomi memiliki daya tahan yang kuat di tengah pandemi, krisis global, krisis energi, krisis pangan dan perang di Ukraina.

Bahkan menurutnya, Indonesia masih bisa mengalami pertumbuhan ekonomi hingga mencapai 5,72 persen.

Situasi itu kemudian membuat banyak negara memuji Indonesia sebagai titik cerah di tengah kesuraman ekonomi global.

IMF sendiri mengakui hal itu dalam pertemuan KTT G20 di Bali. Meski demikian Jokowi tetap menekankan sikap hati-hati dan waspada menghadapi krisis di mana negara besar saja banyak yang mengalami resesi. 

Untuk menjaga Indonesia yang sudah di jalur yang tepat ini, yang sudah on the right track ini, kata Jokowi, harus terus dilanjutkan dengan mencari pemimpin ke depan.

Baca juga:

Jokowi Bicara Pemimpin Berambut Putih, Jansen Sitindaon: Kriteria Tak Masuk Diakal Itu!

"Pemimpin seperti apa yang kita cari. Hati-hati, hati-hati, saya titip hati-hati pilih, memilih pemimpin hati-hati, pilih pemimpin yang ngerti, yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat. Pilih nanti di 2024, pilih pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan oleh rakyat. Juga pilih pemimpin, pilih pemimpin yang tahu, yang tahu apa yang diinginkan oleh rakyat. Apa yang dibutuhkan oleh rakyat. Jangan, jangan sampai, jangan sampai, jangan sampai, jangan sampai kita memilih pemimpin yang nanti hanya senangnya duduk di istana yang ac-nya dingin," katanya.

"Jangan sampai saya ulang, jangan sampai kita memilih pemimpin yang senang duduk di istana yang ac-nya sangat dingin. Ini negara besar, ini negara besar. Jangan hanya duduk manis di Istana Presiden," tegasnya lagi.

Jokowi kembali mengingatkan agar relawan mencari pemimpin yang senang dan mau turun ke bawah, yang mau merasakan keringatnya rakyat.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya, itu kelihatan dari penampilannya. Itu kelihatan banyak kerutan di wajahnya. Karena mikirin rakyat. Ada juga, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada," katanya lagi.

"Saya ulang jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati, lihat juga lihat rambutnya, kalau rambutnya putih semuanya ini," ujar dia kepada para relawan. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 7 February 2023 | 18:05 WIB
Gempa bumi Magnitudo (M) 7,8 yang melanda Turki dan Suriah mengundang duka cita dari berbagai penjuru dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 7 February 2023 | 11:24 WIB
Berikut lirik lengkap single Manusia Putus Asa milik Ayuenstar.
News
Eno Dimedjo - 7 February 2023 | 7:15 WIB
Penyanyi solo Marion Jola kembali merilis single terbarunya yang berjudul Bukan Manusia.
Loading ...