News

Justin Bieber Mengalami Kelumpuhan Wajah, Karena Vaksin Covid-19?

Justin Bieber Mengalami Kelumpuhan Wajah, Karena Vaksin Covid-19?
Justin Bieber mengalami kelumpuhan wajah. (Foto: Ist)

Jakarta - Justin Bieber, selebriti yang akan melakukan tur dunia termasuk ke Indonesia dikabarkan mengalami kelumpuhan wajah. 

Prof Zubairi Djoerban seorang dokter bagian dalam di Indonesia  lewat Twitternya menjelaskan penyakit yang sedang diderita Justin tersebut.

Menurut Prof Zubairi, pria yang punya 114 juta pengikut di Twitter dan 240 juta di Instagram itu terkena Ramsay Hunt Syndrome. 

"Apa itu, seberapa bahaya, mungkinkah terkait vaksin Covid-19, dan bagaimana pemulihannya, sementara Justin akan melakukan tur?" begitu tweet dokter tersebut, Sabtu, 11 Juni 2022.

Prof Zubairi menjelaskan, Ramsay Hunt Syndrome adalah suatu kondisi yang disebabkan reaktivasi virus. 

Sindrom ini bertanggung jawab atas 12 persen kasus kelumpuhan wajah, dengan prognosis yang lebih buruk ketimbang Bell's palsy (kelumpuhan salah satu sisi otot wajah sehingga wajah tampak melorot).

Sedangkan virus penyebab Ramsay Hunt Syndrome, jelas Prof Zubairi adalah varicella-zoster virus (VZV). 

"Ini adalah virus yang sama yang menyebabkan anak-anak terkena cacar air dan cacar ular (herpes zoster) pada orang dewasa," terangnya.

Dia kemudian menyebut, herpes Zoster lumayan banyak ditemukan di Indonesia. Misalnya pada pasien-pasien kanker yang dapat kemoterapi. 

Demikian pula pasien penyakit autoimun yang mendapat dosis pengobatan methylprednisolone sewaktu dosisnya masih tinggi.

Untuk gejalanya, disebutnya sindrom ini sering salah diagnosis sebagai Bell's Palsy. Sebab, presentasi sindrom ini juga bervariasi. 

Namun, tanda pertama sindrom ini seringkali berupa ruam kecil, serta kelemahan pada sisi wajah yang terkena dan hilangnya ekspresi wajah.

Gejala lainnya, gendang telinganya sakit, sehingga mengalami gangguan pendengaran di satu sisi. 

Baca juga:

Britney Spears dan Sam Ashgari Menikah Usai Pacaran 6 Tahun

Terkadang kesulitan menutup salah satu mata, dan kelumpuhan pada satu sisi muka, serta vertigo.

Prof Zubairi sebut, untuk memastikan seseorang mengalami Ramsay Hunt Syndrome, di antaranya bisa dengan tes darah dan kulit untuk virus varicella-zoster, elektromiografi (EMG), atau magnetic resonance imaging (MRI).

Ramsay Hunt Syndrome biasanya menyerang orang dewasa. Amat jarang menyerang anak-anak.

Untuk pengobatan kata dia, pada 1982 ketika masih di Prancis obatnya adalah Acyclovir. Namun, dengan perkembangan zaman, ada obat yang lebih canggih, yakni Valacyclovir.

Ada tiga pilihan kata Prof Zubairi, Acyclovir, Famciclovir, dan Valacyclovir. 

"Dari pengalaman saya, Valacyclovir lebih baik ditambah obat steroid (seperti Prednison). Kombinasi itu membuat penyembuhannya lebih cepat," katanya.

Peluang pemulihan sindrom ini, dari studi disebutkan bahwa tingkat pemulihan cukup tinggi, yakni di atas 70 persen. Tentu harus dengan pendekatan medis yang tepat.

Ada gosip, Ramsay Hunt Syndrome yang dialami Justin Bieber disebabkan vaksin Covid-19. Prof Zubairi menyebut belum ada bukti. 

"Yang jelas, sindrom ini sudah ada obatnya di Indonesia dan tersedia juga di apotek-apotek," tandasnya. []



Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...