News

Kades Kendalikan Dana Desa dari Penjara, Bupati Toba: Camat Belum Melapor

Kades Kendalikan Dana Desa dari Penjara, Bupati Toba: Camat Belum Melapor
Bupati Toba Poltak Sitorus memberi keterangan pers di ruang kerja, Rabu, 1 Desember 2021. (Foto: Kureta/Jumpa Manullang)

Toba - Kepala Desa Dolok Nagodang, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Togar Manurung masih mengurusi administrasi desa meski statusnya sudah terpidana dan berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Balige.

Bahkan kabarnya, dari balik penjara, Togar masih mengurusi penggunaan dana desa. "Informasi terbaru hari ini tanggal 1 Desember 2021 bahwa Togar Manurung selaku terpidana masih menandatangani surat pencairan dana desa di Rutan Balige," kata S Manurung, warga Desa Dolok Nagodang pada Rabu 1 Desember 2021.

Bupati Toba, Poltak Sitorus diwawancara di ruang kerja mengatakan informasi perkembangan dari Desa Dolok Nagodang belum diperoleh dari Badan Permusyawaratan Desa atau BPD seperti amanah Permendagri No 82 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Laporan BPD itu, kata Poltak, merupakan acuan dasar Pemerintah Kabupaten Toba melakukan amar putusan PTUN Medan.

"Supaya proses berjalan dengan baik, kita di Pemkab Toba juga telah membahas ini dengan asisten pemerintahan dan Kabag Hukum dan Perundang-undangan supaya jangan salah dalam proses," kata Poltak.

"Namun hingga saat ini BPD melalui camat belum ada melaporkan kepada Bupati supaya tidak terjadi kekosongan pemerintahan desa," kata Poltak.

Bangkit ManurungBangkit Manurung, penggugat SK pengangkatan Togar Manurung selaku Kades Dolok Nagodang sesuai keputusan Bupati Toba Samosir nomor 786 tahun 2019 tanggal 23 Desember 2019. (Foto: Kureta/Jumpa P Manullang)

Bangkit Manurung, yang menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan tentang pengangkatan kepala desa atas nama Togar Manurung tanggal 23 Desember 2019, mengatakan amar putusan PTUN telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht van gewisjde untuk dilaksanakan Bupati Toba.

"PTUN Medan jelas sudah mengabulkan gugatan saya yang menyatakan batal keputusan Bupati Toba Samosir nomor 786 tahun 2019 lampiran VIII Uluan nomor 4 Desa Dolok Nagodang tentang pengangkatan kepala desa atas nama Togar Manurung tanggal 23 Desember 2019," kata Bangkit Manurung. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...