News

Ketum Projo: Jokowi Tiga Periode Ini Kemungkinan Politik

Ketum Projo: Jokowi Tiga Periode Ini Kemungkinan Politik
Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia (Wamendes) Budi Arie Setiadi. (foto: ist).

Jakarta - Ketua Umum Ormas Relawan Jokowi, Projo, Budi Arie Setiabudi kembali menyinggung wacana Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode. Budi Arie optimis tetap ada kans bagi Jokowi meneruskan masa jabatannya sebagai Presiden RI.

"Kalau metaforanya balapan, 2024 itu tikungannya banyak dan tajam-tajam, karena masih banyak kemungkinan. Dalam balap itu kita enggak bisa menduga siapa pemenang di lap terakhir. Nah, ini 2024 sama, ketidakpastian, unpredictable-nya tinggi sekali," ucapnya dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat, 10 Juni 2022.

"Saya bilang ke teman-teman Projo, kita harus jeli, jangan-jangan tiga periode, jangan-jangan perpanjangan masa jabatan," kata Budi Arie lagi.

Sementara Pakar Komunikasi Politik UI Effendi Gazali yang turut menjadi narasumber dalam diskusi sempat melempar wacana terkait Pilpres 2024, salah satunya soal kemungkinan Jokowi maju sebagai cawapres.

Kendati demikian, Budi Arie yang saat ini diketahui sudah mendapat jabatan sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu menepis wacana yang diusulkan Effendi Gazali.

"Skenario Jokowi wapres enggak mungkin, di-skip lah. (Kalau tiga periode) masih mungkin," ujarnya.

Budi Arie lantas bicara perbedaan agenda politik dan kemungkinan politik. Dia juga mengulas soal tahapan Pemilu 2024.

"Anggaran pemilu sudah diketok belum? Belum. Kan belum. Penjadwalan oke, sebagai sebuah proses tetap berjalan, Projo juga tetap pada skenario 2024," ujarnya bicara soal belum ditetapkannya anggaran Pemilu 2024 meski prosesnya sudah berjalan.

Budi Arie lalu bicara perspektifnya soal masih hidupnya wacana tiga periode. Menurut dia, Jokowi sudah memberi standar tinggi soal kepemimpinan, sementara calon pemimpin bangsa yang muncul saat ini masih jauh dari standar Jokowi.

"Kondisi bangsa ini menghadapi kenyataan bahwa, dengan segala hormat, Pak Jokowi memberikan benchmark kepemimpinan nasional yang tinggi, loh kok ini penggantinya, mohon maaf, scoring-nya agak jauh dari Pak Jokowi, masyarakat berpikir kenapa tidak tiga periode saja," ucapnya.

Meski demikian, dia menyadari wacana tiga periode ini akan menemui jalan terjal. Namun itu tadi, bagi Budi Arie, tiga periode Presiden Jokowi masih mungkin terwujud.

"Kita enggak bilang bahwa ini (tiga periode, red) agenda politik, tapi kita bilang tiga periode ini kemungkinan politik," ujarnya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...