News

KOBAR: Rakyat Menilai Selama Dua Periode Jokowi Sudah Lakukan Perubahan, Presiden Berikutnya Harus Lakukan Keberlanjutan

KOBAR: Rakyat Menilai Selama Dua Periode Jokowi Sudah Lakukan Perubahan, Presiden Berikutnya Harus Lakukan Keberlanjutan
Deklarator Nasional KOBAR, (kiri) Sahat MP Sinurat dan (kanan) Koordinator Daerah KOBAR Sumatra Utara, Swangro Lumbanbatu.(Foto:Opsi/Dok. KOBAR)

Jakarta - Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) Sahat Martin Philip Sinurat menilai rakyat Indonesia tidak membutuhkan perubahan, karena hal itu dilihatnya sudah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di masa kepemimpinannya.

Menurut Sahat, Presiden RI berikutnya harus melakukan keberlanjutan dari visi kepemimpinan, juga program-program positif yang sudah dilakukan oleh pemerintah Jokowi.

"Jangan sampai Pilpres 2024 nanti siapa pun capresnya, program-program ini tidak lagi berlanjut," kata Sahat dalam keterangannya dikutip Kureta, Senin, 13 Juni 2022.

Sahat berujar, pihaknya memang sempat menginginkan Jokowi tiga periode lantaran yang dapat menangkap visi keberlanjutan itu adalah Presiden RI saat ini. Kendati demikian, ia pun menyadari konstitusi secara jelas membatasi masa jabatan dua periode saja.

"Berarti kita harus mencari siapa pun capresnya. Dia harus punya komitmen bahwa program yang direncanakan dan dilakukan pemerintah saat ini itu tetap dilanjutkan. Ini yang sampai saat ini rakyat masih belum mendengar dan melihat," ucapnya.

Sahat menekankan, hingga kini ia mengaku melihat banyak nama bakal calon presiden RI, bahkan sudah ada yang secara terang-terangan berkampanye, tetapi belum ada yang menyatakan akan melanjutkan program Jokowi.

"Jadi capres ini terlihat dan terkesan tidak ingin melanjutkan apa yang sudah dilakukan Jokowi. Ini yang kemudian membuat rakyat bertanya-tanya, apakah 2024 program Jokowi akan tetap berlanjut," tuturnya.

"Apakah sudah ada capres yang memang memiliki karakter seperti Jokowi, berkarakter merakyat, membumi, tidak elitis, memiliki visi, bisa merangkul semua pihak, rendah hati, tapi juga tegas, dan berkomitmen pada apa yang sudah direncanakan," tambahnya.

Dia pun berharap nantinya akan ada capres yang berkarakter dan memiliki visi seperti Jokowi.

"Kami berharap pesan ini bisa didengar oleh siapa pun capresnya, apapun parpolnya. Yang diinginkan rakyat sekali lagi bukan perubahan karena perubahan itu sudah dilakukan Pak Jokowi," kata Sahat.

"Yang diinginkan rakyat adalah keberlanjutan dari program-program yang sudah dilakukan Pak Jokowi. Tentu kami harapkan juga ada pembaharuan, penambahan hal positif lainnya yang bisa dilakukan presiden 2024-2029," ujar dia lagi.

Sebelumnya, wacana Jokowi tiga periode kembali diembuskan oleh Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi. Kemudian mencuat lagi narasi `lanjutkan` saat Presiden Jokowi menghadiri acara Hipmi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...