Netizen

Kopi Jitu buat Anak yang Step? Ini Kata Dokter Reisa

Kopi Jitu buat Anak yang Step? Ini Kata Dokter Reisa
dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: Twitter)

Jakarta - Tidak jarang seorang anak usia 6 bulan sampai 5 tahun mengalami step atau kejang-kejang. Banyak orang menyebut, guna menghindari anak step, cukup dengan memberinya minum kopi.

Benarkah? Nah, penjelasan dokter cantik, Reisa Broto Asmoro lewat akun Twitter @Reisa_BA bisa menjadi referensi, terutama buat kamu ibu yang memiliki anak di bawah lima tahun.

Menurut Reisa, faktanya bahwa kejang yang terjadi pada anak merupakan kondisi yang  disebabkan oleh beberapa faktor dan kejang ini bisa menyerang anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. 

"Penyebabnya bisa karena virus tertentu atau kondisi kesehatan anak, seperti demam tinggi," terang perempuan yang sangat populer saat menjadi juru bicara pemerintah tentang penanganan Covid-19 tahun lalu.

Longgarkan pakaian anak jika terlalu ketat, terutama di bagian leher..

"Dan, memberi kopi saat anak kejang sama sekali tidak membantu. Malahan, memberi kopi pada anak bisa mengacaukan metabolisme tubuh yang masih belum sempurna," jelas Reisa, Kamis, 13 Januari 2022 di akun media sosialnya.

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua, terutama para ibu jika menghadapi anak yang sedang mengalami kejang. Reisa memberi tips. Pertama, tetap bersikap tenang dan jangan panik.

Baca juga: dr. Reisa: Tak Satupun Pembuat Hoaks yang Membantu Penderita Covid-19

Kedua, jauhkan anak dari benda berbahaya, seperti benda tajam, sumber listrik, atau barang pecah belah. Ketiga, hindari memasukkan apapun ke dalam mulut anak. Keempat, hindari menahan kaki atau tangan anak dengan paksa saat kejang karena dapat menimbulkan patah tulang.

"Longgarkan pakaian anak jika terlalu ketat, terutama di bagian leher, amati berapa lama kejang terjadi dan apa yang terjadi saat kejang sebagai data dokter untuk pemeriksaan," terangnya.

Reisa menyarankan kepada para orang tua untuk tetap memastikan menemani anak saat kejang. "Itu sedikit tips dari saya buat para mama," ujarnya. []



Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 4 July 2022 | 19:24 WIB
Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Hekal menegaskan, Komisi VI DPR RI menyetujui usulan Penyertaan Modal Negara (PMN) Tunai tahun 2023 kepada 10 BUMN.
News
Fernandho Pasaribu - 4 July 2022 | 19:18 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan merespons adanya sebanyak 46 warga negara Indonesia dideportasi atau dipulangkan dari Arab Saudi.
News
Eno Dimedjo - 4 July 2022 | 19:12 WIB
Nayeon Twice sukses mengukir namanya sebagai solois K-Pop pertama dalam sejarah yang berhasil menduduki 10 besar Billboard 200.
News
Eno Dimedjo - 4 July 2022 | 18:45 WIB
Film Minions: The Rise of Gru meraup penjualan tiket hingga senilai Rp 1,6 triliun di pasar Amerika Serikat.
News
Fernandho Pasaribu - 4 July 2022 | 18:44 WIB
Proyek infrastruktur pariwisata di Taman Nasional Komodo (TNK) dalam penataan dan pembangunan yang cukup masif.
News
Morteza Syariati Albanna - 4 July 2022 | 18:24 WIB
Kuota kunjungan Tugu Monas hanya 200 orang per jam atau sekitar 1.400 orang per hari untuk menghindari terjadinya kerumunan.
News
Eno Dimedjo - 4 July 2022 | 18:09 WIB
Penyanyi Danilla Riyadi membuka kemungkinan untuk memboyong konsep keriaan Malam Seblay di gelaran Pestapora Festival 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 4 July 2022 | 18:02 WIB
Wakil Presiden Ma`ruf Amin akan berangkat ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji pada Selasa, 5 Juli 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 4 July 2022 | 17:50 WIB
Pelaksana tugas (Plt) Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri meyakini Dewan Pengawas transpararan sampaikan kasus Lili Pintauli.
News
Fernandho Pasaribu - 4 July 2022 | 17:38 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Supriansa menegaskan Undang-Undang (UU) Tentang Hukum Acara Perdata mendesak untuk segera direvisi.
Loading ...