News

KPI Ajak TV Boikot Artis Pelaku KDRT, Usai Kasus Rizky Billar Viral

KPI Ajak TV Boikot Artis Pelaku KDRT, Usai Kasus Rizky Billar Viral
Pasangan selebriti Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Foto: Instagram/lestykejora)

Jakarta - Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dengan tidak mengundangnya sebagai pengisi acara, penampil dan pemeran.

Dalam pernyataannya, Nuning juga memberikan dukungan dan apresiasi kepada korban dan keluarga atas langkah yang diambil untuk segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib.

Pasalnya, hal itu merupakan contoh bagi masyarakat bahwa KDRT Bukan wilayah privat yang harus disembunyikan yang akan berpotensi terjadinya pengulangan kekerasan serupa apabila korban, keluarga, dan orang sekitar tidak berani melaporkan.

"Dan harus ada keberanian melaporkan tindak pidana tersebut agar menimbilkan efek jera bagi pelaku," tutur Nuning, dikutip Kureta pada Senin, 3 Oktober 2022.

Selain meminta TV dan radio untuk tidak memberi ruang kepada pelaku KDRT untuk tampil pada program siaran, Nuning juga menegaskan bahwa lembaga penyiaran memiliki tanggung jawab dalam upaya penghapusan budaya KDRT.

"TV dan radio harus berkontribusi dalam upaya penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dengan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak memberikan dukungan kepada figur yang melakukan KDRT," tutur Nuning Rodiyah.

Nuning RodiyahKomisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah. (Foto: Kureta/Istimewa)

Ajakan boikot diungkap Nuning menyusul maraknya pemberitaan mengenai aktor Rizky Billar yang dilaporkan ke polisi oleh istrinya, Lesti Kejora atas dugaan kasus KDRT.

"Lembaga Penyiaran (TV dan Radio) harus selektif dan hati-hati dalam memilih talent yang akan ditampilkan, jangan sampai pembawa, pengisi, pemain, talent program adalah individu pelaku KDRT," kata Nuning Rodiyah.

Menurut Nuning, ajakan memboikot pelaku KDRT agar tidak tampil lagi dalam program televisi atau radio, berlaku terhadap siapa pun termasuk kepada Rizky Billar jika kelak terbukti sebagai pelaku.

Nuning bilang, KDRT adalah kejahatan yang tidak bisa ditoleransi dan merupakan pelanggaran HAM, sehingga kejahatan tersebut harus dihapuskan.

Jika lembaga penyiaran tetap memberi ruang kepada pelaku, kata Nuning, maka hal itu berpotensi menstimulasi perspektif masyarakat bahwa KDRT adalah perilaku yang lumrah dan biasa.

"Karena yang bersangkutan masih bisa tampil bahkan diglorifikasi di TV secara bebas," tutur Nuning. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...