News

KSAD Dudung Minta Prajurit TNI Rangkul KKB Papua

KSAD Dudung Minta Prajurit TNI Rangkul KKB Papua
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman saat mengunjungi prajurit di kawasan Indonesia Timur. (Foto: dok. AD)

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman memerintahkan bawahannya untuk merangkul kelompok pro demokrasi Papua yang kerap disebut kelompok kriminal bersenjata (KKB). Dalam instruksinya, Dudung meminta para prajurit menciptakan rasa saling menyayangi dan tidak menyakiti hati masyarakat setempat.

Hal itu diungkapkan Dudung di depan wartawan saat kunjungan kerjanya di Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin, Kamis, 25 Nvember 2021. Menurutnya, prajurit TNI tidak boleh bersikap arogan dan bertindak kasar saat berinteraksi dengan masyarakat Papua.

"Jangan sedikit pun berpikir untuk membunuh, kalian harus sayang masyarakat dan kalian harus tunjukkan rasa sayang kepada masyarakat Papua. Kamu harus baik pada masyarakat Papua, jangan menyakiti hati mereka," ujar Dudung, dikutip Kureta pada Jumat, 26 November 2021.

"Melindungi masyarakat Papua harus begitu besar, karena yang mencinta bangsa Indonesia lebih banyak dibanding representasi KKB. Karena itu lindungi masyarakat Papua, khususnya mama, perempuan, adik-adik kaum milenial, dan seluruh rakyat Papua," kata dia.

Dudung AbdurachmanKepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman saat mengunjungi prajurit di kawasan Indonesia Timur. (Foto: dok. AD)

Terkait penanganan terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Dudung meminta agar prajurit TNI mampu merangkul kelompok bersenjata agar mereka bisa kembali ke pangkuan NKRI.

"Satgas tidak harus memerangi KKB, namun mereka perlu dirangkul dengan hati yang suci dan tulus karena mereka adalah saudara kita. Keberhasilan dalam tugas bukan diukur dengan dapat senjata namun bagaimana saudara kita bisa sadar dan kembali ke pangkuan NKRI," kata dia.

Dudung menjelaskan, masyarakat Papua merupakan saudara sebangsa yang patut mendapat perhatian dari saudaranya yang lain. Lantaran itu, ia meminta kepada prajurit TNI yang bertugas untuk memberikan bantuan terbaik kepada rakyat di Bumi Cendrawasih.

"Sayangi mereka, bantu dengan bibit pertanian dan bibit peternakan. Bantu mereka yang di pegunungan dan pedalaman serta bantu kesehatannya karena banyak program yang bisa dilaksanakan," tutur Dudung Abdurachman. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...