News

Kunjungi Pangdam Udayana, Ketum GMKI Bicara Pancasila dan Kebhinekaan

Kunjungi Pangdam Udayana, Ketum GMKI Bicara Pancasila dan Kebhinekaan
Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Jefri Gultom beraudiensi dengan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Kodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, Selasa, 23 November 2021.(Foto:Kureta/Dok GMKI)

Jakarta - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) beraudiensi dengan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Kodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, Selasa, 23 November 2021.

Mahasiswa harus menunjukkan eksistensinya melalui pelayanan yang nyata dan berdampak terhadap kehidupan sosial masyarakat

Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom mengatakan kedatangannya beserta jajaran bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan Maruli Simanjuntak.

Jefri Gultom turut didampingi Arihans Dalenyo Sekretaris Fungsional Bidang Ekonomi Kreatif, Koordinator Wilayah V PP GMKI Alyuprayitno, GMKI Cabang Denpasar dan GMKI Cabang Badung.

Dalam pertemuan itu, PP GMKI juga berbicara tentang Pancasila dan Kebhinekaan di negeri ini.

"Jadi kedatangan kami untuk bersilaturahmi dengan Bapak Maruli, serta berbicara soal peran Pancasila dalam keberagaman bangsa guna mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika," kata Jefri meneruskan catatan yang disampaikan kepada Kureta, Rabu, 24 November 2021.

Kepada Maruli Simanjuntak, Jefri Gultom juga melaporkan program-program kerja PP GMKI yang sudah dijalankan dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Dalam kurun waktu 10 bulan kepengurusan, kami sudah melaksanakan program kerja seperti pelatihan-pelatihan untuk menambah wawasan dan pengembangan diri kader GMKI," ujarnya.

"Selain itu juga kami menyalurkan bantuan pakaian serta sembako untuk masyarakat terdampak bencana banjir di Kupang, bantuan sembako untuk masyarakat dimasa pandemi, lalu program vaksinasi untuk masyarakat," sambung Mahasiswa Pascasarja Universitas Indonesia tersebut.

Selain itu, Jefri Gultom juga membeberkan pertemuan yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. PP GMKI akan melaksanakan konsultasi nasional Perempuan GMKI, Digitech Fest GMKI, dan Natal nasional.

Pada kesempatan ini, Pangdam Udayana Maruli Simanjuntak mengingatkan agar mahasiswa tidak lagi terjebak pada isu-isu sosial dan politik semata.

Maruli menyarankan agar mahasiswa mulai melakukan transformasi dan menunjukkan pelayanan yang nyata di tengah masyarakat. Sehingga tidak hanya pandai berucap tapi juga dapat berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

"Sebagai organisasi kemahasiswaan kalau hanya sekadar beropini, maka akan kehilangan nilai dari pergerakan itu sendiri. Mahasiswa harus menunjukkan eksistensinya melalui pelayanan yang nyata dan berdampak terhadap kehidupan sosial masyarakat," tutur Maruli.

Selama menjabat sebagai Pangdam Udayana, Maruli sudah banyak melaksanakan berbagai program yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami telah membangun 216 Pompa Hidram yang tersebar di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, renovasi rumah ibadah dan renovasi sekolah yang terealisasi dalam kurun waktu 8 bulan," kata dia.

"Kami terus memberikan perhatian bagi masyarakat yang sulit untuk mendapatkan air bersih, merenovasi rumah ibadah agar lebih layak digunakan, begitu juga dengan sekolah," ujarnya menambahkan.

Lantas dia Maruli Simanjuntak mendorong organisasi mahasiswa agar terus berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PP GMKI Jefri Gultom mengapresiasi program yang sudah dilaksanakan Maruli Simanjuntak.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Bapak Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, bersama jajaran. Semoga ke depan akan terus memotivasi kami sebagai generasi penerus bangsa," ucap Jefri.

Pada akhir pertemuan, Jefri Gultom memberikan buku "Pancasila Rumah Bersama" sebagai ungkapan terima kasih atas waktu yang diluangkan Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak kepada PP GMKI.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...