News

Luhut Sebut Kalau Bukan Jawa, Lupakan Keinginan Menjadi Presiden

Luhut Sebut Kalau Bukan Jawa, Lupakan Keinginan Menjadi Presiden
Luhut dan Gerung. (Foto: Tangkapan Layar)

Jakarta - Sejumlah figur politik di Tanah Air saat ini sudah mulai memanasi kontestasi Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Nama-nama mereka sendiri sudah kerap muncul dalam hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei nasional.

Tiga nama selalu muncul di level atas, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Dalam bincang bersama dengan pengamat politik Rocky Gerung di RGTV channel ID yang diunggah Rabu, 21 September 2022, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut sulit bagi kandidat yang non Jawa memenangi pemilihan.

"Harus jadi presiden aja kalau bisa tahu diri juga lah. Kalau kau bukan orang Jawa, pemilihan langsung hari ini, saya nggak tahu 25 tahun lagi," kata Luhut dipetik Opsi, Kamis,22 September 2022.

"Udah lupain deh nggak usah kita memaksakan diri kita sakit hati, yang bikin sakit hati kita kan kita sendiri," sambungnya.

Luhut menyebut, hal itu saintifik dan harus dibaca secara jelas. Rocky Gerung mengamini dan menyebut bahwa antropologis kita itu basisnya adalah etnis.

"Faktualitas itu yang kadang kala membatalkan ambisi orang jadi presiden," katanya, menguatkan pernyataan Luhut. 

"Termasuk saya. Betul, double minoritas. Saya udah Batak, Kristen lagi ya," kata Luhut.

"Jenderal lagi," sambung Gerung. "Itu juga minoritas," katanya.

"Jadi saya bilang ya sudah cukup itu kita harus tahu. Ngapain saya menyakiti diri saya. Istri saya juga bilang, kamu ngapain sih pak, memang nggak mau. Ya, syukurlah, haleluya," ungkap Luhut.

Dari tiga nama yang selalu menonjol untuk bursa capres mendatang, Anies Baswedan tidak murni berlatar suku Jawa. Ganjar dan Prabowo memiliki latar belakang Jawa.

Dalam sebuah diskusi yang digelar Total Politik di Jakarta, pada Minggu, 5 Desember 2021, politikus Gerindra Arief Poyuono berdebat dengan Irma Suryani Chaniago dari Partai NasDem tentang kans Anies Baswedan menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

Mengutip voi.id, perdebatan dimulai usai Arief menyebut Anies Baswedan tak bisa jadi presiden karena bukan berasal dari suku Jawa.

"Saya juga percaya tentang kata-kata leluhur orang Jawa dan harus Jawa Presiden Indonesia. Itu nggak bisa Sandiaga, bukan Jawa. Anies setengah Jawa, setengah Timur Tengah," kata Arief.

Arief beralasan suku Jawa memiliki populasi terbesar di Indonesia. Orang Jawa, kata dia, akan memilih pemimpin yang berasal dari suku mereka. 

Pendapat itu didebat oleh Irma. Ia tak sepakat dengan klaim Arief. Menurutnya, pendapat seperti itu tidak layak untuk disebarluaskan. []



Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...