News

Mantan Kepsek dan Bendahara SMPN 1 Reo Terbukti Korupsi Dana BOS

Mantan Kepsek dan Bendahara SMPN 1 Reo Terbukti Korupsi Dana BOS
Kacabjari Reo, Salesius Guntur dan Kadia Pendidikan Kab. Manggarai, Frans Gero. (Foto: Adrian Juru)

Reo  - Mantan kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) HN 59 tahun dan bendahara MA 43 tahun terbukti melakukan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Manggarai di Reo, Salesius Guntur pada saat mendampingi kadis Pendidikan, Frans Gero kunjung ke SMPN 1 Reo.

"Mantan kepseknya sudah dijatuhkan putusan 2 tahun dan bendaharanya putuskan 3 tahun. Denda uang pengganti kepada mantan kepsek sebesar Rp 25 juta dan bendaharanya Rp 250 juta," ujar Kepala Cabang Kejaksaaan Reo, Jumat 3 Desember 2021.

Baca juga: Cegah Korupsi Dana BOS, Pemda Manggarai Gandeng Jaksa Sosialisasi ke Sekolah

Selain dua orang tersebut, Kejaksaan Negeri Manggarai di Reo juga sedang mendalami operatornya.

"Operatornya kita masih dalami terkait dengan kasus ini, dia sudah kembalikan sebagian uang negara sejumlah Rp 200-san juta," katanya.

Salesius juga menjelaskan modus korupsi dana BOS di SMP Negeri 1 Reo.

"Ada empat modus besar yaitu, membuat laporan fiktif, markup, pengeluaran yang tidak dilengkapi dengan kwitansi, kelebihan pembayaran gaji terhadap pegawai dan guru honorer," katanya.

Baca juga: Seorang Perampok asal Sumba Diringkus Polres Manggarai Barat
 
 Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero menyampaikan terima kasih kepada pihak Cabang kejaksaan Negeri Manggarai di Reo yang membantu melakukan penyuluhan hukum kepada pengelolaan dana BOS kepada kepala sekolah, Bendahara sekolah di kabupaten Manggarai.

Frans beharap kasus korupsi dana BOS di SMP Negeri 1 Reo tidak lagi teejadi di sekolah-sekolah lain di Kabupaten Manggarai.

"Kami berterima kasih kepada Kacabjari Reo sudah melakukan penyuluhan hukum. Harapan kami peristiwa kemarin di SMPN 1 Reo tidak terulang. Maka dari itu, harus kelola dana BOS dengan transparan dan akuntabel,"ucap Ketua PA GMNI Manggarai itu. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...