Opini

Mengatasi Obesitas dengan Pola Hidup Sehat dan Gizi Seimbang Ala Rasulullah

Mengatasi Obesitas dengan Pola Hidup Sehat dan Gizi Seimbang Ala Rasulullah
Rini Fitri Agustia. (Foto: Kureta/Istimewa)

Oleh: Rini Fitri Agustia, Mahasiswa Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang, namun sangat disayangkan, jika keinginan tersebut tidak dibarengi dengan perilakunya.

Ukuran berat badan ideal seseorang dihitung berdasarkan indeks massa tubuh yang merupakan perbandingan antara berat badan (dalam kilogram) dan tinggi badan (dalam meter kuadrat). Indeks massa tubuh atau disingkat IMT menurut WHO dibagi ke dalam empat kategori.

Dikatakan berat badan kurang (underweight) apabila IMT di bawah 18,5, berat badan normal dengan IMT antara 18,5 sampai 24,9, berat badan berlebih (overweight) antara 25 sampai 26,9 dan obesitas sama dengan IMT lebih dari dan sama dengan 27.

Baca juga: Raja Ampat: Gambaran Real antara Pesona dan Produktivitas Papua Barat

Menurut Global Nutrition Report 2020 terdapat 677,7 juta orang dengan obesitas dewasa di dunia, 284,1 juta adalah pria dan 393,5 juta adalah wanita. Sedangkan di Indonesia, terdapat 13,6 % overweight dan 21,8% obesitas pada dewasa dengan usia lebih dari 18 tahun (Riskesdas 2018) dimana sebelumnya berdasarkan data tahun 2007 dan 2013 berturut-turut  8,6% dan 11,5% untuk overweight serta 10,5% dan 14,8% untuk obesitas. Pada usia 15-18 tahun terdapat 18,8% di tahun 2007, 26,6% di tahun 2013, dan 31,0% di tahun 2018.

Sementara prevalensi overweight dan obesitas di Aceh berdasarkan hasil riskesdas Aceh 2018 adalah sebanyak 13,1% dan 15,1% pada laki-laki, serta 14,7% dan 33,7% pada wanita, dan berdasarkan pendidikan, paling tinggi pada tamatan perguruan tinggi sebanyak 15,4%  dengan overweight  dan 32,1% dengan obesitas, serta berdasarkan pekerjaaan paling tinggi pada PNS/TNI/POLRI/pegawai BUMN dan BUMD yaitu sebanyak 18,3% dengan overweight dan 38,7% dengan obesitas.

Dari data di atas dapat dilihat peningkatan setiap 5 tahunnya. Dan ini merupakan masalah yang akan menimbulkan masalah bagi kita bersama. Obesitas menyebabkan komplikasi yang bisa berefek fatal terhadap tubuh.

Baca juga: Ahmad Ali, Surya Gerakan Restorasi Indonesia Timur

Penumpukan lemak berlebihan akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan serius seperti penumpukan lemak di pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung, strok, tekanan darah tinggi (hipertensi), ditambah lagi pengaruh bentuk tubuh yang menimbulkan efek psikologis, sehingga kurang percaya diri. Ini semua akan berdampak kepada penurunan produktifitas dan kualitas hidup.

Gaya hidup sedentari, dimana orang cenderung untuk malas melakukan aktivitas fisik terutama pegawai kantoran yang setiap hari ke tempat kerja menggunakan kendaraan roda empat, sampai ditempat kerja seharian lebih banyak duduk di kursi yang kurang ergonomis diselingi makan makanan siap saji, ditambah budaya di Indonesia, terutama di Aceh yang banyak pesta-pesta pernikahan, khitanan, turun tanah, tujuh bulanan, kenduri jeurat, kenduri blang, dan masih banyak lagi acara lainnya yang mengakibatkan orang terpaksa untuk mengonsumsi makanan berlebihan dan kurang sehat.

Terasa tidak cukup dengan itu saja, kian parahnya lagi juga diperberat oleh budaya suka duduk di warung kopi sambil minum kopi sanger atau teh manis dengan kue manis dan itu juga memperburuk ketidak seimbangan gizi masyarakat.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, banyak masyarakat ingin meraih berat badan ideal secara instan, dengan operasi plastik, sedot lemak, minum obat pengurus badan yang malahan berefek samping ke ginjal, lambung, dan lain sebagainya.

Cara Islam Meraih Berat Badan Ideal

Tahukah rekan-rekan semuanya, islam sudah mengajarkan cara yang benar dan paling aman untuk meraih berat badan ideal. Cara ini tidak perlu menghabiskan banyak uang dan sangat mudah untuk dipraktekkan.

Baca juga: Jadilah Pahlawan Zaman Now, Melawan Korupsi yang Masih Menjajah Negeri Ini

Ajaran Islam yang diajarkan Rasulullah melalui Alquran dan Sunnahnya merupakan rangkaian kegiatan yang sesuai kebutuhan manusia di segala sisi kehidupan. Banyak penelitian telah dilakukan oleh para ahli untuk membuktikan kebenaran dan manfaatnya bagi manusia.

Pada setiap penciptaan makluk oleh Allah, selalu dibarengi dengan cara mengendalikannya agar penciptaan itu berjalan semestinya, teratur, sesuai porsi dan keseimbangannya sehingga tidak menimbulkan dampak bagi ciptaan itu sendiri dan sekitarnya.

Nabi Muhammad telah mengajarkan umatnya bagaimana menyikapi  kehidupan ini dengan penuh keseimbangan. Sebagai seorang teladan, Rasulullah telah memberi contoh bagaimana hidup sehat dari segala sisi, baik itu jasmani, rohani, dan akal. Kesemuanya ini sangat dipengaruhi oleh pola hidup sehat dan gizi seimbang.

Allah menganjurkan manusia agar makan makanan bukan hanya halal saja, tetapi juga baik serta tidak berlebihan. "Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan”. Rasulullah juga bersabda "Tidak ada wadah yang dipenuhi oleh manusia yang lebih jahat dari perutnya, cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tulang belakangnya. Dan apabila ia harus melakukannya (memenuhi perutnya), maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk nafasnya”.

Makanan disebut halal dan baik jika itu berefek baik bagi dirinya dan tidak berbahaya untuk badan dan akal. Sayyid Quthb dalam tafsir Fii Zhilalil Quran menyebutkan bahwa apa saja yang dihalalkan Allah bersesuaian dengan fitrah alam dan fitrah manusia. Makanan yang baik juga berarti makanan yang sesuai porsi dan seimbang gizinya.

Dalam islam diwajibkan sholat 5 waktu ditambah amalan sunat lainnya seperti bangun di sepertiga malam dan mengerjakan sholat tahajud, hal ini sangat membuat gerakan tubuh cukup untuk melancarkan peredaran darah.

Rasulullah juga mengajarkan kita untuk melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis yang tentu saja akan membuat manusia bisa megendalikan nafsu makannya. Tidak hanya berpuasa yang dianjurkan, akan tetapi sampai cara sahur dan berbuka pun Rasulullah ajarkan.

Rasulullah sahur dengan susu, dimana susu mengandung protein yang merupakan zat makanan yang lama dipecahkan dan diserap dalam tubuh sehingga membuat energi kita lebih terjaga di saat puasa.

Kemudian Rasulullah juga menganjurkan berbuka dengan kurma kering dan air. Secara tidak langsung beliau telah mengajarkan bahwa kurma yang mengandung glukosa sederhana akan cepat dipecahkan dalam tubuh dan diserap menjadi energi, hal ini sangat bermanfaat untuk pencernaan dan mengembalikan energi karena kita telah seharian berpuasa.

Rasulullah juga menganjurkan untuk berjalan cepat, berlari, berenang, dan memanah. Olah raga tersebut merupakan olah raga yang simpel dan murah. Untuk orang yang beralasan sibuk dengan pekerjaan kantor sehingga tidak sempat olah raga, berjalan cepat ke kantor adalah salah satu solusi untuk membakar kalori yang menumpuk di tubuh.

Selain menjaga pola makan dan olahraga, Rasulullah mengajarkan umatnya agar selalu berfikir positif. Orang-orang beriman adalah seorang yang tenang lagi menyenangkan, ketenangan memicu alam bawah sadarnya untuk melakukan hal-hal bermanfaat dan menghindari berbagai perkara yang tiada berguna.

Adaikan semua orang mengamalkan ajaran islam secara kaffah, disiplin dan konsisten dalam menjalankannya, InsyaAllah orang tersebut akan sehat jasmani, rohani, dan akal pikirannya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...