Alur

Mengenal Kantong Semar: Tumbuhan Karnivora Pemakan Serangga

Mengenal Kantong Semar: Tumbuhan Karnivora Pemakan Serangga
Tumbuhan Kantong Semar. (foto: KLHK).

Jakarta - Jika kamu pernah berjalan menerobos hutan yang jarang terjamah oleh manusia, mungkin saja pernah menyaksikan langsung tumbuhan Kantong Semar atau Nepenthes.

Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora pemakan daging yang dapat memangsa serangga atau hewan-hewan kecil. Si cantik dan unik ini dikenal dengan Entunyut di Kalimantan.

Banyak yang menyangka kantong pada tumbuhan ini merupakan bunganya. Padahal, kantong tersebut merupakan daun yang sudah termodifikasi, berfungsi untuk menangkap serangga dan hewan-hewan kecil lainnya. 

Keunikan lainnya dari tumbuhan ini ialah memiliki bentuk seperti corong atau terompet yang tampak cantik. Bagian ini sebetulnya berfungsi sebagai perangkap serangga. 

Kantong SemarTumbuhan Kantong Semar. (foto: KLHK).

"Jika serangga sudah masuk ke dalamnya, maka akan terperangkap di dalam, dan didalam kantong tersebut akan mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga," demikian keterangan soal tumbuhan Kantong Semar, Kureta kutip dari situs ksdae.menlhk.go.id, Senin, 26 Desember 2022.

Sementara kantong khusus pada tumbuhan kantong semar ini dilapisi oleh lilin yang sangat licin sehingga menyulitkan serangga yang sudah terperangkap di dalam kantong ini untuk lolos, naik dan ke luar. 

Kantong ini juga menghasilkan cairan asam yang bernama proteolase yang berfungsi untuk mencerna kerangka keras dan daging serangga. 

Bentuknya terbilang unik, mengantong dan membulat pada bagian ujungnya. Ada yang bilang mirip tokoh pewayangan Semar dengan perut buncitnya. Karena itulah, tumbuhan ini diberi nama Kantong Semar.

Kantong SemarIlustrasi tumbuhan Kantong Semar. (foto: KLHK).

Kantong semar hidup secara epifit atau menempel pada batang pohon. Seperti jenis tumbuhan karnivora lainnya, kantong semar tumbuh baik pada tanah atau tempat-tempat yang miskin unsur hara. 

Kantong semar juga ada yang hidup di tempat lembab dengan sedikit paparan sinar matahari. Tetapi, ada pula yang hidup di tempat yang terbuka dengan cahaya matahari yang banyak.

Di Indonesia, setidaknya terdapat 85 jenis kantong semar. Habitat terbanyak berada di Kalimantan dan Sumatra. Sayangnya, kekayaan jenis kantong semar tersebut masih kurang mendapat perhatian. 

Kantong SemarTumbuhan Kantong Semar. (foto: KLHK).

Menurut data IUCN Red List, sedikitnya 27 spesies Kantong Semar terancam punah, bahkan 4 di antaranya merupakan spesies dengan status Critically Endengered (Kritis) dan empat lainnya berstatus Endengered (Terancam).

Di Taman Nasional Batang Gadis Mandailing Natal, Sumatra Utara, hingga saat ini telah teridentifikasi 5 Jenis kantong semar. Lima jenis tersebut termasuk kategori Appendix II menurut CITES yaitu Nepenthes ampullaria Jack, Nepenthes gymnamphora Nees, Nepenthes reinwardtiana Miq, Nepenthes lingulata Chi.C. Lee, Hernawati & P. Akhriadi, dan Nepenthes sumatrana (Miq.) beck. 

Sedangkan berdasarkan PP 106 Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi di Indonesia, ada 3 jenis tumbuhan Kantong Semar yang dilindungi, yaitu Nepenthes gymnamphora Nees, Nepenthes lingulata Chi.C. Lee, Hernawati & P. Akhriadi, dan Nepenthes sumatrana (Miq.) Beck . 

Satu jenis merupakan jenis yang sangat dilindungi berdasarkan IUCN Red list dengan status Critically Endangered (CR) yaitu Nepenthes sumatrana (Miq.) beck

"Yuk kenali, jaga dan lestarikan tumbuhan kita. Salam lestari," demikian keterangan Twitter Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 7 February 2023 | 18:05 WIB
Gempa bumi Magnitudo (M) 7,8 yang melanda Turki dan Suriah mengundang duka cita dari berbagai penjuru dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 7 February 2023 | 11:24 WIB
Berikut lirik lengkap single Manusia Putus Asa milik Ayuenstar.
News
Eno Dimedjo - 7 February 2023 | 7:15 WIB
Penyanyi solo Marion Jola kembali merilis single terbarunya yang berjudul Bukan Manusia.
Loading ...