News

Menlu: Kejar Hasil KTT G20, Para Pembantu Jokowi akan Kerja Keroyokan

Menlu: Kejar Hasil KTT G20, Para Pembantu Jokowi akan Kerja Keroyokan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (foto: Humas Setkab/Agung).

Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan multilateral dan bilateral yang terjalin selama rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, pertengahan November 2022 lalu. 

“Seperti pada saat kita melakukan gawe G20 ini akan menjadi kerja keroyokan bareng-bareng untuk menindaklanjuti,” kata Menlu Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 28 November 2022. 

Retno mengatakan hal tersebut sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Baca juga: RI Diguyur Investasi Efek G20, Jokowi Langsung Bentuk Gugus Tugas Khusus

Dia menuturkan, sudah menjadi gaya Presiden Jokowi untuk menagih kepada para menteri mengenai tindak lanjut dari kesepakatan yang sudah dijalin agar dapat menghasilkan manfaat yang konkret. 

Presiden Jokowi, kata Retno, telah menugaskan beberapa menterinya untuk menindaklanjuti hasil KTT G20, baik dari segi ekonomi, investasi maupun politik. 

Jokowi RatasPresiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 28 November 2022. (foto: Humas Setkab/Agung).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditugaskan untuk menindaklanjuti hasil di bidang investasi. 

Sementara, Retno menindaklanjuti urusan politik. Selanjutnya, kerja sama yang bersifat umum di luar isu investasi dan politik akan ditindaklanjuti oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Retno juga menjelaskan kesepakatan para pemimpin anggota G20 untuk menghasilkan Deklarasi Bali dalam KTT G20 menunjukkan bahwa Indonesia mendapat kepercayaan dari negara-negara di dunia untuk menjembatani perbedaan yang tajam, lebar, dan dalam. 

“Sehingga perbedaan masih ada tetapi kita dapat mengumpulkan komitmen kerja sama dari negara-negara G20 yang tertuang di dalam deklarasi yang 52 paragraf tersebut," kata Menlu Retno. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 7 February 2023 | 18:05 WIB
Gempa bumi Magnitudo (M) 7,8 yang melanda Turki dan Suriah mengundang duka cita dari berbagai penjuru dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 7 February 2023 | 11:24 WIB
Berikut lirik lengkap single Manusia Putus Asa milik Ayuenstar.
News
Eno Dimedjo - 7 February 2023 | 7:15 WIB
Penyanyi solo Marion Jola kembali merilis single terbarunya yang berjudul Bukan Manusia.
Loading ...