Alur

Nostalgia Iwan Fals Saat Masih Jadi Pengamen Jalanan

Nostalgia Iwan Fals Saat Masih Jadi Pengamen Jalanan
Iwan Fals. (Foto: Instagram/iwanfals)

Jakarta - Musisi senior Iwan Fals mengisahkan pengalaman sewaktu masih menjadi pengamen jalanan di masa-masa awal meniti karier sebagai penyanyi. Ia mengaku pernah bernyanyi nonstop untuk beberapa waktu demi uang senilai Rp 10 ribu.

Mengutip Opsi ID, hal itu diungkapkan Iwan Fals sewaktu hadir di program Semangat Senin Indosiar edisi Senin, 27 Desember 2021. Ia mengaku sempat mengamen di sejumlah tempat, demi memperkenalkan karyanya ke orang lain.

"Saya harus selesai nyanyi dulu baru saya terima uang. Pengen orang lain dengar lagu saya juga," tutur Iwan Fals, dikutip Kureta pada Selasa, 28 Desember 2021.

Menariknya, saat Iwan Fals mengamen di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, ia pernah diminta oleh sekelompok orang untuk bernyanyi nonstop. Pasalnya, rombongan tersebut suka dengan karya pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto itu.

"Ada sekelompok bapak-bapak yang suka, malah saya disuruh terus-terusan nyanyi. Saya jadi capek," ujar Iwan Fals.

Iwan FalsIwan Fals. (Foto: AMI Awards)

Peristiwa itu, kata Iwan Fals, terjadi sekitar tahun 1970-an atau 1980-an. Dari hasil menghibur sekelompok orang itu, ia menerima uang senilai Rp 10 ribu sebagai imbalan yang terbilang besar untuk masa itu.

Kendati demikian, pelantun lagu Bento itu sempat bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah sekelompok orang itu benar menyukai karyanya, atau justru sedang mengerjainya saja.

"Saya jadi kepikiran ini bapaknya emang suka atau mau nyiksa saya," kata dia. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...