News

Orang Ini Diduga Kuat Perintahkan GAMKI dan GMKI Tak Diundang Musrenbang di Hasel

Orang Ini Diduga Kuat Perintahkan GAMKI dan GMKI Tak Diundang Musrenbang di Hasel
Ketua Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPC GAMKI Halsel, Sefnat Tagaku. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Pemkab Halsel), mengeluarkan surat undangan kepada Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada, 30 Maret 2022.

Masalah pesan yang tersebar itu akan tetap kami tempuh jalur hukum. Hal ini juga sudah terkonfirmasi dengan DPP GAMKI, untuk membuat gerakan dari pusat hingga daerah-daerah

Undangan Musrenbang sempat bergejolak karena tersebarnya pesan via WhatsApp yang menyinggung Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) secara institusi.

Surat undangan yang bernomor: 005/954/2022, perihal penyelenggaraan Musrenbang pemuda itu secara sah tidak melibatkan dua organisasi kepemudaan di Halmahera Selatan.

Dua organisasi itu adalah GAMKI dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Bacan.

Merespons itu, Ketua Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPC GAMKI Halsel, Sefnat Tagaku menyebut dengan tidak diundangnya GAMKI dan GMKI pada kegiatan Musrenbang itu, semakin menguatkan dugaan bahwa itu adalah perintah bupati.

"Dengan tidak di undangnya GAMKI dan GMKI pada kegiatan Musrenbang itu, kami lebih yakin bahwa itu benar ada perintah dari bupati terkait GAMKI jangan di undang," kata Sefnat dalam keterangannya, Selasa, 29 Maret 2022.

Menurutnya, jika perintah itu bukan dari bupati, pihaknya dan GMKI sudah pasti mendapat undangan.

"Seandainya tidak benar ada perintah bupati, pasti melalui polemik kemarin GAMKI akan diundang. Nyatanya tetap tidak di undang. Malahan ada tambahan OKP yang tidak diundang, yakni GMKI," ujarnya.

Dia menegaskan, GAMKI dan GMKI tak mempermasalahkan jika tidak diundang ke forum Musrenbang pemuda tersebut.

Menurutnya, hal tersebut adalah hak pemda. Tetapi sebagai organisasi yang hadir di tengah kehidupan bangsa ini, lanjut dia, pihaknya akan terus eksis dan kritis dalam melihat berbagai arah dan kebijakan pemerintah.

"GAMKI dan GMKI di Halsel kan selama ini selalu eksis dalam merespons kondisi-kondisi sosial tanpa pemda, tapi kan gerakan kami justru tidak pernah mati," tuturnya.

Perihal pesan WhatsApp yang sempat menyinggung GAMKI, sambungnya, proses hukum akan terus berjalan.

"Masalah pesan yang tersebar itu akan tetap kami tempuh jalur hukum. Hal ini juga sudah terkonfirmasi dengan DPP GAMKI, untuk membuat gerakan dari pusat hingga daerah-daerah," ucap Sefnat.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...