News

Panel Barus Tegaskan Projo Bukan Underbouw Partai Politik

Panel Barus Tegaskan Projo Bukan Underbouw Partai Politik
Ketua Satgas Nasional Gerakan Percepatan Vaksinasi Covid-19 DPP PROJO Panel Barus.(Foto:Kureta/Istimewa)

Jakarta - Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus menegaskan bahwa Projo adalah organisasi massa yang bergerak dalam urusan politik dan bukan onderbouw atau organisasi sayap partai politik apa pun.

Projo terbuka menjadi mitra siapa pun dalam kerangka melahirkan kepemimpinan yang setia di garis rakyat dan setia menjalankan program-program yang pro rakyat

"Projo lahir pada 2013 untuk mendorong Jokowi sebagai calon presiden setelah sukses di Solo dan Jakarta, gerakan tersebut disambut oleh partai politik," kata Panel Barus dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 8 Juni 2022.

Hal ini disampaikan Panel Barus, menanggapi pernyataan sejumlah politikus PDIP bahwa suara atau sikap Projo bukan sikap partainya.

Menurut Panel, Projo lahir sebagai ormas politik karena ada kemandegan dalam saluran politik formal dalam melahirkan kepemimpinan nasional yang dicintai rakyat.

Selain itu, saluran politik formal juga agak mandeg dalam melahirkan kebijakan yang pro rakyat.

Dia menyampaikan bahwa keputusan Rakernas Projo akan menggelar Musyawarah Rakyat (Musra). Prinsipnya, Musra akan menggali dan menyerap lebih dalam kehendak rakyat terkait kepemimpinan nasional dan program pembangunan ke depan.

Musra adalah mekanisme demokrasi di mana rakyat ikut terlibat dan berpartisipasi dalam menentukan pemimpinnya.

"Projo bergerak dan bertindak sesuai arahan Jokowi yang merupakan Ketua Dewan Pembina, Jokowi dalam pidatonya menyampaikan agar Projo Ojo Kesusu, terus menggali kehendak rakyat dan terus menyerap aspirasi dari rakyat, menurut kami itulah esensi Musra," tutur Ketua Rakernas V Projo 2022 di Borobudur, Jawa Tengah itu.

Lebih lanjut, kata dia, Projo akan terus berhubungan dan berkomunikasi dengan semua pihak termasuk partai politik dalam urusan kepemimpinan nasional ke depan.

Dia berpandangan, Projo menyadari bahwa partai politik yang dapat mencalonkan capres dan cawapres. Namun, setiap Warga negara Indonesia punya hak untuk mengaspirasikan calon presiden pilihannya.

Panel Barus juga menjelaskan bahwa Projo sering bekerja sama dengan PDIP, NasDem, Golkar, PPP, PAN dan partai lainnya dalam melahirkan kepemimpinan di daerah.

Dia menegaskan, Ormas Projo akan terus bergerak dan berupaya menjadi jembatan antara kehendak rakyat, para calon dan partai politik.

Projo berharap kolaborasi ini terus dilakukan untuk kemajuan bangsa. Oleh karena itu, Panel mengimbau agar partai-partai tidak perlu risau dengan sepak terjang Projo.

"Projo terbuka menjadi mitra siapa pun dalam kerangka melahirkan kepemimpinan yang setia di garis rakyat dan setia menjalankan program-program yang pro rakyat," ucap Panel Barus.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 28 November 2022 | 22:41 WIB
Ghana mampu membendung serangan Republik Korea untuk tidak jebol di menit akhir babak kedua.
News
Eno Dimedjo - 28 November 2022 | 21:32 WIB
Platform Melon Indonesia resmi mengumumkan rebranding menjadi Nuon Digital Indonesia.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:49 WIB
Bobby mengatakan, kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:42 WIB
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan Komisi I DPR menggelar fit and proper test KSAL Yudo Margono calon Panglima TNI.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:32 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para menteri pembantu Jokowi akan keroyokan menindaklanjuti hasil kesepakatan KTT G30 di Bali.
News
Tigor - 28 November 2022 | 20:24 WIB
Serbia dan Kamerun terlibat duel seru.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 20:03 WIB
usat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga mewaspadai dampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru erupsi dua kali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk membentuk gugus tugas (task force) khusus guna menindaklanjuti KTT G20 di Bali.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:17 WIB
Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan RKUHP akan hapus pasal karet UU ITE.
News
Morteza Syariati Albanna - 28 November 2022 | 19:09 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman menginformasikan, hingga Senin ini tercatat ada 323 orang meninggal dunia pascagempa bumi 5.3 M di Cianjur, Jabar.
Loading ...