Alur

Panjat Pinang Bahan Hiburan dan Tertawaan di Zaman Penjajahan

Panjat Pinang Bahan Hiburan dan Tertawaan di Zaman Penjajahan
Panjat Pinang. (Foto: Ist)

Jakarta - Salah satu lomba yang selalu digelar dalam perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan RI adalah lomba panjat pinang.

Lomba ini lazim digelar di sudut-sudut desa atau kampung. Pekikan merdeka rasanya belum sempurna jika lomba ini tak digelar.

Panjat pinang adalah perlombaan memanjat pohon pinang yang sudah dikuliti dan diberi cairan pelicin.

Para peserta yang ikut lomba secara beregu memperebutkan barang-barang yang digantungkan di atasnya. Barang-barang itu seperti pakaian, beras, dll sebagai hadiah.

Panjat pinang ini ternyata warisan kolonial Belanda. Orang Belanda biasa menggelar lomba panjat pinang jika sedang mengadakan acara besar, seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. 

Dulu, hadiah yang dibuat di ujung pohon pinang barang-barang pokok yang harganya cukup mahal.

Nah, pesertanya atau yang melakukan panjat pinang itu adalah orang-orang pribumi, bukan orang Belandanya.

Baca juga:

Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana

Lomba ini pun kabarnya menjadi hiburan tersendiri dalam rangka memperingati ulang tahun Ratu Belanda Wilhelmina, yang merupakan ahli waris mahkota Kerajaan Belanda. 

Bedanya kalau saat ini panjang pinang setiap 17 Agustus, maka zaman kolonial digelar setiap tanggal 31 Agustus, yang merupakan hari ulang tahun ratu. 

Ulang tahun ratu merupakan acara besar yang dirayakan keluarga, koleganya, kalangan bangsawan dan koloni-koloni Belanda di belahan dunia lain. 

Panjat pinang ini juga identik sebagai simbol penindasan karena pesertanya adalah kaum pribumi.

Mereka susah payah saling injak-menginjak temannya untuk berusaha mendapatkan hadiah berupa barang-barang pokok yang diletakkan di ujung pohon pinang.

Kaum pribumi dulu memang miskin. Sedangkan orang-orang Belanda hanya menonton yang menurut mereka itu adalah pertunjukan yang menarik. 

Mereka menikmati hiburan itu dan tertawa terbahak-bahak melihat warga pribumi melakukan panjat pinang, terjatuh, terinjak-injak, dan kesulitan.

Itu kan dulu, namun sekarang sudah merdeka dari jajahan Belanda. Warga Indonesia girang gembira menggelar lomba panjang pinang. Merdeka dan panjat pinang adalah dua sisi mata uang.

Panjat pinang pesertanya beberapa grup. Satu grup berisi beberapa orang. Setiap grup kerja sama berjuang meraih puncak untuk mendapatkan hadiah terbaik. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...