News

Penerima Bantuan dari NGO Tetap dapat Dana Stimulan Gempa Mamuju

Penerima Bantuan dari NGO Tetap dapat Dana Stimulan Gempa Mamuju
Plt Kepala BPBD Kabupaten Mamuju, Taslim. (Foto: Opsi/Eka Musriang)

Mamuju - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar), Taslim mengungkapkan, penerima bantuan dari NGO tetap dapat dana stimula.

"Penerima bantuan yang telah dibantu oleh NGO di Kelurahan Galung, Desa Takandeang dan Desa Botteng Utara kemarin kami pending sebelum menemukan solusi yang tepat," kata Taslim, Kamis, 13 Januari 2022.

Ia juga mengungkapkan, dalam melaksanakan pencairan dana stimulan dan pembangunan rumah rusak akibat gempa bumi, pihaknya berpedoman pada Petunjuk Pelaksanaan (Juklak).

"Dalam poin kelima mengatakan Kepala Keluarga (KK) tidak sedang dalam proses atau telah mendapatkan bantuan dari sumber pendanaan yang lain," katanya.

Jadi, kata Taslim, di tiga wilayah tersebut telah mendapatkan bantuan dari pendanaan lain yaitu salah satu NGO yang membangun rumah rusak di Kabupaten Mamuju.

"Tetapi karna kami melihat bahwa bantuan NGO ini hanya material senilai Rp 8 juta dan pembangunannya metode recycle atau daur ulang, jadi kami mengupayakan untuk tetap bisa mendapatkan bantuan tersebut," kata Taslim.

Baca juga: Realisasi Penyaluran Dana Stimulan Gempa di Mamuju Ditarget Selesai Februari

Lanjut Taslim menjelaskan, setelah pihaknya melakukan rapat tim teknis, Pemerintah Daerah (Pemda), Inspektorat dan BPKP, serta  berkoordinasi langsung ke BNPB dan didapatkan solusi bagi penerima bantuan dari NGO tetap mendapat dana stimulan dengan mengurangi selisih bantuan yang diberikan NGO sesuai kategori hasil assessment.

"Jadi, misalnya yang dapat Rp 8 juta dari NGO tetap mendapat dana stimulan selisih dari Rp 8 juta, sesuai dengan kategori, karena Rp 8 juta itu akan dikembalikan ke kas negara," katanya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 25 May 2022 | 22:44 WIB
Saur Tumiur Situmorang mengatakan, tambang sering sekali menimbulkan hal-hal baru terkhusus pada perempuan.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:47 WIB
Pria lanjut usia (lansia), Juned Nasution (60) yang hanyut disela minum tuak di pinggir Sungai Denai, Kota Medan, ditemukan tewas
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:43 WIB
Cuaca buruk diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Kamis, 26 Mei 2022.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:41 WIB
Seorang ayah di Sulbar kehilangan uang puluhan juta akibat ditipu penelpon gelap
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:35 WIB
DPD Gerindra Sulbar sudah mulai panaskan mesin politik Pilgub 2024.
News
Rio Anthony - 25 May 2022 | 21:31 WIB
Dugaan penghinaan Bendera Merah Putih di Majene, praktisi hukum menilai terkesan dibiarkan polisi.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 21:14 WIB
Strategi komunikasi yang dirancang oleh Carl Byoir Indonesia sukses mengantarkan Samsung meraih penghargaan The Best PR Campaign Award.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:39 WIB
Gita Bhebhita memiliki latar kepribadian yang tak jauh berbeda dengan karakter Sarma di film Ngeri Ngeri Sedap.
News
Eno Dimedjo - 25 May 2022 | 20:11 WIB
Selain hampir 100 persen syuting di wilayah Danau Toba, film Ngeri Ngeri Sedap juga mengoptimalkan lebih dari 100 orang bintang dan kru lokal.
News
Fernandho Pasaribu - 25 May 2022 | 19:10 WIB
Anggota DPR menilai pemerintah perlu memberikan kompensasi kepada peternak sebagai salah satu upaya dalam rangka menanggulangi serangan wabah PMK.
Loading ...