News

Pilkades Bertungen Julu Ricuh, Kapolda Sumut Turun ke Lokasi

Pilkades Bertungen Julu Ricuh, Kapolda Sumut Turun ke Lokasi
Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak siaga di Dusun I, Desa Bertungen Julu, Kabupaten Dairi, untuk memastikan situasi tetap kondusif di desa itu pasca ricuh usai penghitungan suara Pilkades. (Foto Istimewa)

Dairi - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Bertungen Julu, Kabupaten Dairi, yang digelar pada Kamis 25 November 2021 berlangsung ricuh karena salah satu calon tidak terima dengan hasil akhir penghitungan suara.

Menyikapi kericuhan itu, Kepala Polda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak, pada Jumat dinihari, 26 November 2021, langsung turun dan siaga di Dusun I, Desa Bertungen Julu, guna memastikan situasi kamtibmas tetap kondusif.

Selain Kapolda Sumut, juga turut di lokasi antara lain Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Danyonif 125/SMB, Letkol Inf Budianto Hamdani Damanik, dan Kasdim 0206/Dairi, Mayor Inf Sunarto.

Menurut informasi, Pilkades di Desa Bertungen Julu ada dua calon kepala desa yang bertarung. Kemudian sempat terjadi insiden usai penghitungan surat suara di dua TPS yang mencakup Dusun I, II, III, dan IV.

Usai penghitungan surat suara itu, calon kepala desa nomor urut 2 keberatan dengan hasilnya. Dan saat kotak suara akan dibawa ke kantor kecamatan, ada beberapa orang yang merebut dan merusak 1 kotak suara yang menyebabkan surat suara terhambur.

Kericuhan itu dapat diatasi setelah personel Polri dan TNI mengamankan lokasi, dan dilakukan mediasi.

Bupati Dairi, Eddy Keleng Berutu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk saat ini harus menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

"Percayakan ini kepada aparat hukum bagaimana prosesnya. Aparat hukum sudah mengumpulkan alat bukti dan proses kedepannya," kata Eddy, dikutip Kureta pada Jumat, 26 November 2021.

Sedangkan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi menegaskan, insiden perampasan dan perusakan kotak suara itu dapat diatasi setelah dilakukan mediasi dan personel TNI-Polri turut membantu mengamankan lokasi.

"Kepada pihak yang merasa keberatan atas hasil pemungutan suara dalam Pilkades 2021, silahkan menempuh jalur hukum sesuai aturan yang telah ditetapkan," ujar Hadi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...