News

PKS Lahir di Abdya, Mimpi Bupati Akmal Ibrahim Terwujud

PKS Lahir di Abdya, Mimpi Bupati Akmal Ibrahim Terwujud
Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, saat memberikan sambutan dalam acara peresmian PKS pertama. (Foto: Kureta/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh, Akmal Ibrahim, terlihat semringah sepanjang kegiatan peresmian Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) milik PT. Mon Jambee yang berada di jalan pelabuhan Teluk Surin Kecamatan Babahrot, pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Hal ini ternyata karena mimpinya yang sudah bertahun-tahun akhirnya terwujud sekarang. Bupati Akmal, ternyata mengimpikan adanya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di kabupaten yang dia pimpin.

Pasalnya, dengan adanya PKS di Abdya, kata Akmal, maka masyarakat petani tidak lagi harus mengeluarkan biaya lebih untuk membawa hasil panen ke lokasi pabrik yang berada jauh dari lokasi kebun atau ke luar daerah.

"Dari dulu saya memimpikan Abdya punya PKS," kata Bupati Akmal saat memberikan sambutan, dikutip Kureta pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

"Saya sudah pernah berusaha merampungkan PKS dulu, tapi gagal karena banyaknya masalah dan akhirnya terwujud sekarang," ujar dia.

Akmal IbrahimBupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, saat memberikan sambutan dalam acara peresmian PKS pertama. (Foto: Kureta/Syamsurizal)

Akmal menilai, keberadaan PKS memiliki manfaat yang amat banyak bagi rakyat petani. Selain menghemat biaya ongkos dari kebun ke pabrik yang kini lebih dekat, adanya pabrik juga dapat mendongkrak ekonomi warga sekitar, sekaligus dapat menekan angka pegangguran.

"Saya dengar dari Direktur utama hampir 200 tenaga kerja merupakan warga sekitar pabrik. Ini juga membuat saya senang, belum lagi masyarakat yang terlihat mulai membagun usaha di jalan menuju pabrik. Ini salah satu manfaat lainnya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Akmal mengaku punya nostalgia dengan H. Subarni yang merupakan Komisaris PT. Mon Jambee sebelum PT ini berdiri. Dia berucap, ada sebuah janji yang harus ditepati oleh Subarni yakni soal penetapan harga.

"Soal penetapan harga beli sawit bang (Subarni) tidak bernegosiasi dengan orang luar, jika sanggup maka izin saya keluarkan secepatnya. Dan akhirnya disanggupi dan berdirilah PT ini," ujar Bupati Akmal.

Akmal mengajak semua pemilik kebun untuk menjual hasil panennya ke PT. Mon Jambee yang merupakan pabrik pertama yang berdiri di Abdya. Soal harga beli pihak PT dipastikannya tidak main-main.

"Kita semua jual kesini nanti saat panen. Saya bersyukur akhirnya pabrik sawit berdiri di Abdya, ini adalah salah satu mimpi saya," ucap dia.

Sementara Direktur utama PT. Mon Jambee, Muhammad Farid Reza, menjelaskan bahwa ada sedikitnya 75 persen dari 150 total tenaga kerja merupakan warga sekitar pabrik. Perusahaannya menaruh perhatian besar kepada warga setempat untuk menduduki posisi tertentu.

"Kita tentu memberi perhatian khusus untuk warga lokal. Hampir 200 tenaga kerja yang kita pekerjakan merupakan warga lokal," ucapnya.

Dia berujar, PT. Mon Jambee memiliki kapasitas olah Tandan Buah Segar (TBS) sebanyak 30-45 ton per jam dan pembangunannya berjalan lancar sejak Agustus 2020 lalu.

"Kita juga telah memenuhi persyaratan perizinan dan syarat teknis lainnya serta telah di uji coba sejak 25 Juli 2021," ujar dia. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...