News

Polisi Bekuk Maling Besi Kereta Cepat Indonesia China di Cipinang Melayu

Polisi Bekuk Maling Besi Kereta Cepat Indonesia China di Cipinang Melayu
Progres Pembangunan Kereta Cepat Indonesia China rute Jakarta-Bandung. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Jakarta - Lima anggota komplotan maling pencuri besi proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) atau Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akhirnya ditangkap polisi.

Lima tersangka pelaku berinisial SA, SU, AR, LR dan DR itu dibekuk di wilayah Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Sementara tujuh tersangka lainnya, yakni GN, FR, G, IB, RM, DR dan HA, sudah masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO. 

Kapolres Jakarta Timur Komisaris Besar Polisi Erwin Kurniawan menyebutkan, dari jumlah besi yang diambil dan sudah dijual komplotan tersebut, sekitar 111.081 kilogram. 

Baca juga: Sri Mulyani Bakal Suntikkan Rp 4,3 T untuk Kereta Cepat Indonesia China

"Ini cukup mencengangkan dengan berbagai jenis besi," kata Kombes Erwin, saat konferensi pers, dikutip Kureta, Selasa, 9 November 2021.

Lebih lanjut Erwin menerangkan, besi-besi yang diambil oleh komplotan tersebut merupakan penyokong cor-coran milik PT Wijaya Karya (Wika). 

Dalam kasus ini, tersangka dituduhkan melanggar Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan. 

"Ancaman maksimal tujuh tahun penjara," kata Erwin.

Baca jugaSeorang Warga Bekasi Tuntut Ganti Rugi Atas Pembangunan Kereta Cepat Indonesia China

Barang bukti yang disita polisi berupa satu mobil pikap, enam buah besi besar, dan lima buah besi kecil. 

Dalam aksi pencurian terakhir, komplotan itu berusaha mencuri besi proyek KCIC di wilayah Cipinang Melayu pada Sabtu dua pekan lalu. 

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Makasar Iptu Mochamad Zen mengatakan aksi pencurian itu tepergok warga sekitar. Para pelaku langsung mengambil langkah seribu. Besi yang sudah dikumpulkan di mobil pikap pun ditinggalkan begitu saja. 

"Kepergok warga, tertinggal itu mobil. Besi itu kan di atas mobil pelaku tuh. Berat tuh, kemudian kabur," kata Zen, Senin lalu, dikutip dari Kompas.com. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 20:18 WIB
Relawan Jokowi sayangkan sikap Partai NasDem yang terlalu cepat mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:50 WIB
Film Sri Asih semula diagendakan tayang pada 6 Oktober 2022, diundur menjadi 17 November 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 18:11 WIB
Berikut daftar lengkap harga tiket Woke Up Fest 2022.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 17:59 WIB
OneRepublic dipastikan bakal manggung di Indonesia dalam gelaran festival musik bertajuk Woke Up Fest 2023 alias WUF 2023.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 16:41 WIB
Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah meminta lembaga penyiaran termasuk TV dan Radio memboikot pelaku KDRT, termasuk Rizky Billar.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:46 WIB
Eby Bima mengaku bersyukur mampu lolos ke bakal 24 besar di ajang kompetisi bernyanyi Dangdut Academy 5.
News
Fernandho Pasaribu - 3 October 2022 | 14:38 WIB
Ferdinand Hutahaean berpandangan, Partai NasDem sama sekali tidak menunjukkan empati kepada ratusan korban dan para keluarga korban.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 14:07 WIB
Eva Anindita yang dikenal publik dengan peran protagonis, mengaku menikmati karakter jahat yang kini diperankannya di sinetron Cinta 2 Pilihan.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 13:17 WIB
Gelaran Levi\'s Music Project 2022 bakal diselenggarakan dengan tema INDUSTRY 101.
News
Eno Dimedjo - 3 October 2022 | 12:34 WIB
Stray Kids resmi mengumumkan rencananya untuk menyambangi Indonesia dalam rangkaian tur konser keliling dunia bertajuk Maniac.
Loading ...