News

Polisi Pemeras Pengendara Motor Dikandangin di Sel Propam Polrestabes Medan

Polisi Pemeras Pengendara Motor Dikandangin di Sel Propam Polrestabes Medan
Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko memberikan keterangan kepada wartawan perihal anggotanya yang memeras mahasiswa pengendara motor. (Foto: Kureta/Istimewa)

Medan - Polisi bernama Bripka Panca yang sempat viral lantaran nyaris diamuk massa akibat memeras uang mahasiswa pengendara motor, ditahan di sel Propam Polrestabes Medan.

"Dia itu memeras masyarakat dengan modus menyatakan pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas," ujar Kepala Polda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak di Markas Polrestabes Medan, Jumat malam, 12 November 2021.

Irjen Panca juga menekankan kepada Kepala Polrestabes Medan Kombes Riko Sunarko agar kasus yang dilakukan anak buahnya itu diproses sampai tuntas.

Baca jugaPria Berseragam Polisi Stop Pemotor di Medan, Minta Uang Rp 200 Ribu

"Itu harus diproses tuntas, dan yang bersangkutan sudah diamankan di dalam sel di tempat khusus," ujar Panca didampingi Kapolrestabes Kombes Riko Sunarko.

Menyikapi perilaku tak terpuji yang dilakukan anak buahnya itu, Irjen Panca memastikan masih banyak anggota Polri yang baik, siap bekerja keras siang dan malam untuk melayani masyarakat.

"Kalau anggota seperti ini, mencederai nama baik organisasi harus kita kasih tindakan tegas," ujar Panca lagi.

Dia juga memohon maaf kepada masyarakat atas ulah anggotanya yang telah mencederai nama baik Polri.

"Saya mohon maaf kepada masyarakat. Kalau masih ada anggota yang seperti ini, tidak usah ragu sampaikan kepada saya dan saya akan menindak tegas. Untuk proses hukum terhadap yang bersangkutan, tidak hanya disiplin, tapi kode etik termasuk pidana. Makanya saya minta ini harus diproses tuntas," ucap Irjen Panca memungkasi.

Baca jugaEks Timses Bobby Nasution dan Mantan Walkot Medan Gabung NasDem

Sebelumnya, video seorang pria berseragam polisi nyaris diamuk warga karena menghentikan mahasiswa yang mengendarai motor dan memintai uang Rp 200.000 viral di media sosial.

Pemerasan terjadi di seputaran Jalan Dr Mansyur, Kota Medan pada Kamis, 11 November 2021. Belakangan diketahui pria berseragam polisi itu adalah Bripka Panca yang sudah dimutasi ke Polda Sumut dari Polsek Delitua.

Kepala Polsek Delitua AKP Zulkifli tak menampik bahwa Bripka Panca pernah berdinas di Polsek Delitua sebelum dimutasi ke Polda Sumut. 

"Iya, sudah pindah ke Polda Sumut," katanya.

Sedangkan Kasi Propam Polrestabes Medan Kompol Zonni mengakui pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap Bripka Panca.

"Anggota Polsek Delitua yang telah dimutasi ke Polda Sumut. Yang bersangkutan pun masih diperiksa sebelum menjalani sidang kode etik," tuturnya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...