News

Polri: Masyarakat Bingung Bedakan Mana Polisi Mana Satpam

Polri: Masyarakat Bingung Bedakan Mana Polisi Mana Satpam
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. *foto: ANTARA/Laily Rahmawaty).

Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan menjelaskan alasan pergantian warna seragam dinas Satuan Pengamanan (Satpam), karena seragam yang saat ini digunakan sangat mirip dengan seragam anggota Polri.

Kemiripan ini, lanjutnya, menimbulkan kebingungan di masyarakat yang sulit membedakan antara Polisi dan petugas Satpam.

"Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan Satpam. Jadi untuk membedakan pakaiannya rencananya (Satpam) lebih muda sedikit dari baju Polri, dengan celana tetap sama, cokelat muda atau agak krem begitu," ujar Ramadhan dalam konferensi pers di Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 13 Januari 2022.

Dia menyebutkan penggantian warna seragam Satpam masih dalam proses pengkajian.

"Seragam itu kan ada baju dan celana. Nah ini yang akan dikaji adalah baju, bajunya saja," kata Ramadhan

Lebih lanjut kata dia, baju seragam dinas Satpam tersebut rencananya akan diganti warnanya dengan warna lebih muda dari warna baju anggota Polri yang cokelat tua.

"Jadi kalau baju Polri coklat, rencananya baju Satpam tersebut lebih muda menjadi coklat muda, dengan warna celana tetap," ujar Ramadhan.

Sebelum pergantian warna, kata Ramadhan, rencananya diperkenalkan dulu warna baru seragam dinas Satpam pada hari ulang tahun (HUT) yang diperingati pada 31 Januari 2022.

Mantan Kabagpenum Divisi Humas Polri itu menambahkan, Satpam merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas, sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri sebagai pembinanya.

"Ada sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, hal tersebut bukan merupakan kewenangan Satpam misalnya, sehingga untuk membedakan itu-itulah menjadi kajiannya, itu yang menjadi alasan mengenai pergantian ya," kata Ramadhan.

Terkait pergantian seragam Satpam, Ramadhan menyampaikan, Polri selalu menerima saran dan masukan dari masyarakat. Sedangkan kapan pergantian warna seragam berlaku, Ramadhan mengatakan pergantian berlaku setelah pengkajian selesai, dan menunggu terbitnya peraturan Polri (Perpol).

"Kalau itu (pergantian-red) jadi, akan dikeluarkan dulu peraturan kepolisian atau perpol, Peraturan Kepolisian yang mengatur tentang seragam Satpam dan efektifnya diberlakukan setahun setelah Perpol nantinya terbentuk," kata Ramadhan. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Andi Nasution - 17 January 2022 | 20:04 WIB
Pemko Medan saat ini memiliki 20 ribuan dosis vaksin lanjutan (booster) yang akan diprioritaskan kepada lansia yang sudah dua kali disuntik vaksin.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:50 WIB
Kapolrestabes Medan Kombes Polisi Riko Sunarko beserta pejabat Polrestabes Medan lainnya terancam mendapat sanksi tegas jika terima suap narkoba.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:38 WIB
Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama para pedagang pasar yang mendapatkan bantuan.
News
Rio Anthony - 17 January 2022 | 18:34 WIB
Dua perampok rumah warga berinisial ZN dan IJF di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap polisi.
News
Yohanes Charles - 17 January 2022 | 18:25 WIB
Terkait dengan pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Cirebon, Imron mengaku masih menunggu keputusan dari pusat.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:24 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkemungkinan menerapkan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) ke Wali Kota Bekasi Pepen.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 18:17 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla mengatakan 11 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan menelan ribuan nyawa karena ketidakadilan.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:56 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanggapi pelaporan yang dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun terhadapnya ke KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 17 January 2022 | 17:43 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia ditengah Omicron merajalela
News
Fernandho Pasaribu - 17 January 2022 | 17:41 WIB
BNN RI berhasil mengungkap kasus kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu jaringan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Riau.
Loading ...